Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Mendahulukan Orang-orang Lemah Dari Muzdalifah Ketika Malam

Hadits Tirmidzi 816

Rasulullah mengutusku membawa barang perlengkapan orang-orang dari Jama', pada malam hari. (Abu Isa At Tirmidzi) berkata; Hadits semakna diriwayatkan dari 'Aisyah, Ummu Habibah, Asma` binti Abu Bakar & Fadl bin Abbas. Abu 'Isa berkata; Hadits Ibnu Abbas merupakan hadits shohih yg diriwayatkan darinya melalui banyak sanad. Syu'bah meriwayatkan hadits ini dari Musyasy dari Atha' dari Ibnu Abbas dari Al Fadl bin Abbas bahwa Nabi memberangkatkan lebih dulu orang-orang yg lemah dari keluarganya dari Jama' pada malam hari. Pada hadits ini terdapat kesalahan yg diperbuat oleh Musyasy dgn menambahkan di dalamnya dari Al Fadl bin Abbas. Ibnu Juraij & yg lainnya meriwayatkan hadits ini dari Atha' dari Ibnu Abbas, namun mereka tak menyebutkan di dalamnya dari Fadl bin Abbas. Musyasy berasal dari Bashrah & Syu'bah telah meriwayatkan hadits darinya. [HR. Tirmidzi No.816].

Hadits Tirmidzi No.816 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 817

Janganlah kalian melempar jumrah hingga terbit matahari! Abu 'Isa berkata; Hadits Ibnu Abbas merupakan hadits hasan shahih & diamalkan oleh para ulama. Mereka berpendapat; bolehnya orang-orang yg lemah untuk berangkat lebih dahulu dari Muzdalifah menuju ke Mina. Kebanyakan ulama juga berpegang pada hadits Nabi , bahwa mereka tak boleh melempar jumrah hingga matahari terbit. Namun sebagian ulama membolehkan untuk melempar jumrah pada malam hari. Tapi yg menjadi panduan amal ialah hadits Nabi bahwa mereka tak melempar (kecuali setelah terbit matahari). Ini merupakan pendapat Ats Tsauri & Syafi'i. [HR. Tirmidzi No.817].

Hadits Tirmidzi No.817 Secara Lengkap

[[[]]]