Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Sharf

Hadits Tirmidzi 1162

Janganlah kalian menjual emas dgn emas kecuali sama beratnya & perak dgn perak kecuali sama beratnya, sebagian tak dilebihkan atas sebagian yg lain. Dan janganlah kalian menjual dari jenis tersebut antara yg belum ada dgn yg tunai (menjualnya secara tempo). Abu Isa berkata; Dalam hal ini ada hadits serupa dari Abu Bakr, Umar, Utsman, Abu Hurairah, Hisyam bin Amir, Al Bara`, Zaid bin Arqam, Fadhalah bin Ubaid, Abu Bakrah, Ibnu Umar, Abu Ad Darda` & Bilal. Ia mengatakan; Dan hadits Abu Sa'id dari Nabi tentang riba adl hadits hasan shahih & menjadi pedoman amal menurut para ulama dari kalangan sahabat Nabi & selain mereka, kecuali apa yg telah diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa ia membolehkan menjual emas dgn emas secara dilebihkan & perak dgn perak secara dilebihkan jika hal itu dilakukan secara tunai. Ia juga berkata; Sesungguhnya riba hanya ada pada nasiah saja (penukaran satu jenis secara tempo). Begitu pula dari hadits ini yg diriwayatkan dari sebagian sahabatnya, & telah diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa ia merujuk (meralat) kembali perkataanya ketika Abu Sa'id Al Hudri menyampaikan hadits dari Nabi . Pendapat pertama adl lebih shahih, hadits ini menjadi pedoman amal menurut para ulama dari kalangan sahabat Nabi & selain mereka, ini adl pendapat Sufyan Ats Tsauri, Ibnul Mubarak, Asy Syafi'i, Ahmad & Ishaq. Telah diriwayatkan dari Ibnul Mubarak bahwa ia mengatakan; Tidak ada perselisihan dalam masalah pertukaran (emas dgn perak & jenis lainnya). [HR. Tirmidzi No.1162].

Hadits Tirmidzi No.1162 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1163

Tidak apa-apa dengannya (menukar mata uang) menurut nilainya. Abu Isa berkata; Hadits ini tak kami ketahui diriwayatkan secara marfu' kecuali dari hadits Simak bin Harb dari Sa'id bin Jubair dari Ibnu Umar, sedangkan Abu Dawud bin Abu Hind meriwayatkan hadits ini dari Sa'id bin Jubair dari Ibnu Umar secara mauquf. Hadits ini menjadi pedoman amal menurut sebagian ulama, bahwa tak apa-apa mengganti emas dgn mata uang & mata uang dgn emas, ini adl pendapat Ahmad & Ishaq, namun sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi & selain mereka memakruhkan hal itu. [HR. Tirmidzi No.1163].

Hadits Tirmidzi No.1163 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1164

Mata uang dgn emas adl riba kecuali tunai serah terimanya, burr (gandum) dgn burr (gandum) adl riba kecuali tunai serah terimanya, sya'ir (gandum) dgn sya'ir (gandum) adl riba kecuali tunai serah terimanya & kurma dgn kurma adl riba kecuali tunai sarah terimanya. Abu Isa berkata; Hadits ini adl hadits hasan shahih & menjadi pedoman amal menurut para ulama. Makna sabdanya: Kecuali ini & ini. Adalah secara tunai serah terimanya. [HR. Tirmidzi No.1164].

Hadits Tirmidzi No.1164 Secara Lengkap

[[[]]]