Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Membeli Kurma Setelah Diserbuki dan Budak yang Mempunyai Harta

Hadits Tirmidzi 1165

Barangsiapa membeli pohon kurma setelah dikawinkan maka hasilnya bagi orang yg menjualnya kecuali pembeli mensyaratkannya. Barangsiapa membeli seorang budak yg memiliki harta maka harta itu milik penjualnya kecuali pembeli mensyaratkannya. Ia berkata; Dalam hal ini ada hadits serupa dari Jabir & hadits Ibnu Umar adl hadits hasan shahih.
Beginilah yg diriwayatkan dari jalur lain dari Az Zuhri dari Salim dari Ibnu Umar dari Nabi bahwa beliau bersabda:
Barangsiapa membeli pohon kurma setelah dikawinkan maka hasilnya adl milik penjual kecuali pembeli mensyaratkannya. Barangsiapa membeli seorang budak yg memiliki harta maka harta itu milik penjualnya kecuali pembeli mensyaratkannya. Dan telah diriwayatkan dari Nafi' dari Ibnu Umar dari Nabi , beliau bersabda:
Barangsiapa membeli pohon kurma yg telah dikawinkan maka hasilnya adl milik penjual kecuali pembeli mensyaratkannya. Dan telah diriwayatkan dari Nafi' dari Ibnu Umar dari Umar bahwa beliau bersabda:
Barangsiapa membeli seorang budak yg memiliki harta maka harta itu milik penjualnya kecuali pembeli mensyaratkannya. Beginilah yg telah diriwayatkan oleh Ubaidullah bin Umar & yg lainnya dari Nafi' sebanyak dua hadits. Sebagian mereka meriwayatkan hadits ini dari Nafi' dari Ibnu Umar dari Nabi juga, sedangkan Ikrimah bin Khalid meriwayatkan dari Ibnu Umar dari Nabi seperti hadits Salim. Hadits ini menjadi pedoman amal menurut sebagian ulama, ini adl pendapat Asy Syafi'i, Ahmad & Ishaq. Muhammad bin Isma'il mengatakan; Hadits Az Zuhri dari Salim dari ayahnya dari Nabi adl yg yang paling shahih dalam bab ini. [HR. Tirmidzi No.1165].

Hadits Tirmidzi No.1165 Secara Lengkap

[[[]]]