Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Jual Beli Dengan Pilihan Selama Keduanya Belum Berpisah

Hadits Tirmidzi 1166

Penjual & pembeli memiliki hak khiyar selama mereka belum belum berpisah atau memilih untuk menentukan. Ia mengatakan; Ibnu Umar jika membeli sesuatu, ia duduk lalu berdiri untuk melakukan transaksi jual beli. Abu Isa berkata; Dalam hal ini ada hadits serupa dari Abu Barzah, Hakim bin Hizam, Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Amru, Samurah & Abu Hurairah. Abu Isa berkata; Hadits Ibnu Umar adl hadits hasan shahih & menjadi pedoman amal menurut sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi & selain mereka, ini adl pendapat Asy Syafi'i, Ahmad & Ishaq serta mereka mengatakan; Perpisahan adl dgn badan bukan dgn ucapan. Namun sebagian ulama berpendapat; Makna sabda Nabi : Selama belum berpisah. Yakni berpisah dgn ucapan. Namun pendapat pertama lebih shahih karena Ibnu Umar adl yg meriwayatkan dari Nabi & ia lebih mengetahui maksud dari apa yg ia riwayatkan. Dan diriwayatkan pula darinya bahwa ia apabila hendak melakukan transaksi jual beli, maka ia berjalan untuk melakukan transaksi itu, beginilah yg diriwayatkan dari Abu Barzah Al Aslami. [HR. Tirmidzi No.1166].

Hadits Tirmidzi No.1166 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1167

Penjual & pembeli berhak khiyar selama mereka belum berpisah, jika keduanya jujur & menjelaskan, maka mereka akan mendapatkan berkah dalam jual beli mereka, namun jika keduanya menyembunyikan & berdusta, maka berkah jual beli mereka akan dihapus. Hadits ini shahih, & beginilah yg telah diriwayatkan dari Abu Barzah Al Aslami bahwa ada dua orang laki-laki yg mengadukan permasalahan kepadanya tentang kuda yg telah mereka jual belikan, saat itu mereka berada di sebuah kapal. Maka ia menjawab; Aku tak melihat kalian berpisah padahal Rasulullah bersabda:
Penjual & pembeli berhak memilih selama mereka belum berpisah. Dan sebagian ulama penduduk Kufah & selain mereka telah berpendapat bahwa perpisahan adl dgn ucapan, ini adl pendapat Sufyan Ats Tsauri. Beginilah yg telah diriwayatkan dari Malik bin Anas & diriwayatkan pula dari Ibnul Mubarak bahwa ia berkata; Bagaimana aku menolak hal ini padahal hadits dari Nabi adl shahih & menguatkan pendapat ini. Makna sabda Nabi : Kecuali jual beli dgn cara khiyar (memilih). Maksudnya hendaklah penjual memberi pilihan kepada pembeli setelah melakukan transaksi jual beli, jika penjual telah mempersilahkan pembeli untuk memilih lalu ia memilih (untuk membeli & menyetujui transaksi) maka setelah itu tak khiyar untuknya dalam membetalkan transaksi jual beli walaupun keduanya belum berpisah. Beginilah yg ditafsirkan oleh Asy Syafi'i & yg lainnya. Dan di antara yg menguatkan pendapat yg mengatakan; Perpisahan adl dgn badan bukan dgn ucapan adl hadits Abdullah bin Amru dari Nabi . [HR. Tirmidzi No.1167].

Hadits Tirmidzi No.1167 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1168

Penjual & pembeli berhak khiyar (memilih) selama mereka belum berpisah kecuali yg telah menentukan khiyarnya (pilihannya) maka salah satunya tak boleh meninggalkan yg lain karena dikhawatirkan ia akan membatalkannya. Abu Isa berkata; Hadits ini adl hadits hasan. Makna hadits ini adl ia akan meninggalkannya setelah transaksi jual beli terlaksana, karena dikhawatirkan ia akan membatalkannya, walaupun perpisahannya menggunakan ucapan & (dalam hal ini) tak terjadi khiyar setelah jual beli. Tidak adanya (khiyar) berdasar pada hadits ini secara makna di mana beliau bersabda:
Salah satunya tak boleh meninggalkan yg lain karena dikhawatirkan ia akan membatalkannya. [HR. Tirmidzi No.1168].

Hadits Tirmidzi No.1168 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1169

Janganlah ia berpisah dari jual beli kecuali setelah keduanya sama-sama ridha.. Abu Isa berkata; Hadits ini gharib. [HR. Tirmidzi No.1169].

Hadits Tirmidzi No.1169 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1170

memberikan hak memilih kepada seorang arab badui setelah jual beli. Hadits ini hasan gharib. [HR. Tirmidzi No.1170].

Hadits Tirmidzi No.1170 Secara Lengkap

[[[]]]