Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Makan Belalang

Hadits Tirmidzi 1744

Aku telah berperang bersama-sama dgn Rasulullah sebanyak enam kali peperangan, & saat itu kami memakan belalang. Abu Isa berkata; Seperti inilah yg diriwayatkan oleh Sufyan bin Uyainah dari Abu Ya'fur & ia menyebutkan; Enam kali peperangan. Sufyan Ats Tsauri & yg lainnya juga meriwayatkan hadits ini dari Abu Ya'fur & ia menyebutkan; Tujuh kali peperangan. [HR. Tirmidzi No.1744].

Hadits Tirmidzi No.1744 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1745

Kami telah berperang bersama-sama dgn Rasulullah sebanyak tujuh kali peperangan, maka di saat itu pula kami makan belalang. Abu Isa berkakta; Syu'bah meriwayatkan hadits ini dari Abu Ya'fur dari Ibnu Abu Aufa, ia berkata; Aku telah berperang bersama-sama dgn Rasulullah dalam beberapa kali peperangan, & saat itu kami makan belalang. Demikian begitu pula, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far, telah menceritakan kepada kami Syu'bah dgn ini. Dan di dalam bab juga terdapat riwayat dari Ibnu Umar & Jabir. Abu Isa berkata; Ini adl hadits Hasan Shahih. Abu Ya'fur namanya adl Waqid, & biasa juga dipanggil Waqdan. Abu Ya'fur yg lain namanya adl Abdurrahman bin Ubaid bin Nisthas. [HR. Tirmidzi No.1745].

Hadits Tirmidzi No.1745 Secara Lengkap

[[[]]]