Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Hadits An Numan Bin Basyir Dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam

Hadits Ahmad 17624

Yang halal sudah jelas & yg haram juga sudah jelas, sedangkan syubhat berada di antara keduanya. Barangsiapa meninggalkan syubhat, berarti terhadap yg haram ia akan lebin menjauh. Dan hal-hal yg diharamkan Allah adl daerah terlarang, maka siapa yg mengembalakan ternak di sekitar daerah terlarang, sangat mungkin ia akan memasukinya. [HR. Ahmad No.17624].

Hadits Ahmad No.17624 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17625

Sebaik-baik manusia adl generasiku, kemudian orang-orang yg datang setelah mereka, kemudian orang-orang yg datang setelah mereka, kemudian generasi yg datang setelah mereka. Setelah itu, akan datang suatu kaum yg sumpahnya mendahului persaksian & persaksian mereka mendahului sumpah-sumpah mereka. [HR. Ahmad No.17625].

Hadits Ahmad No.17625 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17626

Sebaik-baik ummat ini adl generasi yg aku diutus kepada mereka (yakni para sabahat), kemudian generasi yg datang setelah mereka, kemudian generasi yg datang setelah mereka, kemudian generasi yg datang setelahnya. Hasan menyebutkan, Kemudian muncullah suatu kaum yg sumpah-sumpah mereka mendahului persaksian mereka & persaksian mereka mendahului sumpah-sumpahnya mereka. [HR. Ahmad No.17626].

Hadits Ahmad No.17626 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17627

Sesungguhnya buah anggur bisa menjadi khamer, kurma bisa menjadi khamer, kismis bisa menjadi khamer, gandum bisa menjadi khamer & madu bisa menjadi khamer. [HR. Ahmad No.17627].

Hadits Ahmad No.17627 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17628

Sesungguhnya orang-orang pada masa jahiliyah berkata, atau mereka menyangka bahwa terjadinya gerhana matahari & bulan karena kematiannya pemuka (orang besar) penduduk bumi. Padahal bukan demikian, tetapi keduanya adl dua makluk di antara makhluk-makhluk Allah. Jika Allah 'Azza wa Jalla menampakkan diri untuk makhluk-Nya, maka makhluk itu akan tersungkur khusyuk pada-Nya. [HR. Ahmad No.17628].

Hadits Ahmad No.17628 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17629

Sesungguhnya do'a itu adl ibadah. Kemudian beliau membaca ayat: '(Berdo'alah kalian kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan untuk kalian. Sesungguhnya orang-orang yg menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku..)' (Qs. Ghaafir: 60). [HR. Ahmad No.17629].

Hadits Ahmad No.17629 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17630

Akan muncul sepeninggalku para pemimpin yg berbuat dusta & kezhaliman. Maka barangsiapa membenarkan kedustaan mereka & membantu kezhaliman mereka, ia tak termasuk golonganku & aku bukan golongannya. Dan siapa yg tak membenarkan kedustaan mereka atau membantu kezhaliman mereka, maka ia termasuk dari golonganku & aku dari golongannya. Ketahuilah, sesungguhnya darah seorang Muslim ada kafarah yg harus ditunaikan. (menyebabkan kekafiran). Dan ketahuilah, bahwa ucapan 'SUBHAANALLAHI WAL HAMDULILLAH WA LAA ILAAHA ILLALLAH WALLAHU AKBAR (Maha Suci Allah, Segala puji hanya bagi Allah, & tak ada Tuhan yg berhak disembah selain Allah & Allah Maha Besar) merupakan Al Baqiyaat Ash Shalihat. [HR. Ahmad No.17630].

Hadits Ahmad No.17630 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17631

Persaksikanlah untuk anakku atas pemberian ini. Maka bapaknya pun mendatangi Nabi & menuturkan hal itu pada beliau. Beliau lantas bertanya: Apakah setiap anakmu kamu berikan seperti apa yg kamu berikan pada anak ini?
Ia menjawab, Tidak. Maka Rasulullah tak mau untuk menjadi saksinya. [HR. Ahmad No.17631].

Hadits Ahmad No.17631 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17632

Perumpaan orang Mukmin itu seperti satu jasad, jika seorang laki-laki merasakan sakit pada kepalanya, maka seluruh jasadnya akan ikut merasakannya. [HR. Ahmad No.17632].

Hadits Ahmad No.17632 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17633

tidak pernah kekenyangan karena makan Daqal (kurma jelek yg basah) atau apa yg kalian senangi selain kurma & keju. [HR. Ahmad No.17633].

Hadits Ahmad No.17633 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17634

mungkin telah lebih dari satu bulan Rasulullah tak pernah kenyang karena makan Daqal (kurma jelek & basah). [HR. Ahmad No.17634].

Hadits Ahmad No.17634 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17635

Apakah setiap anakmu kamu berikan seperti ini?
Ia menjawab, Tidak. Beliau bersabda:
Kalau begitu kembalikanlah pemberian itu. [HR. Ahmad No.17635].

Hadits Ahmad No.17635 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17636

Apakah kamu mempunyai anak selainnya?
Ia menjawab, Ya. Beliau bersabda:
Kalau begitu, sama ratakan pemberian di antara mereka. [HR. Ahmad No.17636].

Hadits Ahmad No.17636 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17637

Aku ingatkan kalian akan api neraka, sekiranya seseorang berada di tempat seperti ini & seperti ini niscaya ia akan mendengar suaranya. [HR. Ahmad No.17637].

Hadits Ahmad No.17637 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17638

Perumpamaan orang-orang yg teguh dalam menjalankan hukum-hukum Allah & orang-orang yg terjerumus di dalamnya, adl bagaikan sekelompok orang yg membagi tempat di atas perahu yg berlayar di lautan, ada yg mendapat tempat di bawah & ada yg mendapat tempat di atas. Orang-orang yg berada di bahwa jika membutuhkan air minum, mereka naik ke atas sehingga menyusahkan orang-orang yg berada di atas. Maka orang-orang yg berada di atas pun berkata, 'Kami tak akan membiarkan kalian naik & menyusahkan kami.' Lalu orang-orang yg berada di bawah berkata, 'Kalau begitu, maka kami akan melubangi dari bawah & mengambil air darinya.' Jika mereka mencegahnya mereka akan selamat semua, namun jika mereka membiarkannya, maka mereka akan binasa semua. [HR. Ahmad No.17638].

Hadits Ahmad No.17638 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17639

Orang-orang yg mengingat akan kebesaran Allah dgn tasbih, tahmid, takbir & tahlil maka semua itu akan senantiasa condong ke Arsy & mengeluarkan suara yg saling sambung-menyambung sebagaimana bunyi dahan pohon kurma. Mereka akan menyebut-nyebut pemiliknya (orang yg mengucapkannya). Tidakkah salah seorang dari kalian menyukai, jika di sisi Allah ia memiliki sesuatu yg akan selalu menyebut-nyebut namanya di hadapan Allah? [HR. Ahmad No.17639].

Hadits Ahmad No.17639 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17640

Lalu kamu juga memberikan kepadanya seperti yg telah kamu berikan kepada anak ini?
Ia menjawab, Tidak. Beliau bersabda:
Kalau begitu, janganlah kamu minta persaksian kepadaku, karena aku tak akan menjadi saksi di atas ketidakadilan. [HR. Ahmad No.17640].

Hadits Ahmad No.17640 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17641

Sesunguhnya Allah 'Azza wa Jalla & para malaikat-Nya bershalawat atas orang-orang yg berada di shaf awal, atau shaf-shaf awal. [HR. Ahmad No.17641].

Hadits Ahmad No.17641 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17642

Sesungguhnya orang-orang pada masa jahiliyah menyangka bahwa terjadinya gerhana matahari & bulan karena ada salah seorang pembesar yg meninggal. Padahal tak seperti itu, tetapi keduanya adl dua makluk di antara makhluk Allah. Jika Allah 'Azza wa Jalla menampakkan diri untuk makhluk-Nya, maka makhluk itu akan tersungkur khusyuk pada-Nya. [HR. Ahmad No.17642].

Hadits Ahmad No.17642 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17643

Apakah setiap dari anakmu kamu berikan seperti apa yg telah kamu berikan kepada Nu'man?
Ia menjawab, Tidak. Beliau bersabda:
Mintalah persaksian kepada selainku. Kemudian beliau bertanya lagi: Bukankah akan menyenangkanmu jika bakti mereka padamu sama?
Ia menjawab, Benar. Beliau bersabda:
Kalau begitu jangan kamu lakukan. [HR. Ahmad No.17643].

Hadits Ahmad No.17643 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17644

(Apakah (orang-orang) yg memberi minuman orang-orang yg mengerjakan haji & mengurus Masjidilharam kamu samakan dgn orang-orang yg beriman kepada Allah & hari Kemudian…)' (Qs. At Taubah: 19) hingga akhir ayat. [HR. Ahmad No.17644].

Hadits Ahmad No.17644 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17645

Sesungguhnya yg halal itu jelas & yg haram itu jelas, di antara yg halal & yg haram ada perkara-perkara syubhat yg kebanyakan manusia tak mengetahui, apakah ia termasuk halal ataukah haram. Maka barangsiapa meninggalkan syubhat, berarti dia telah menjaga kehormatan & agamanya. Dan barangsiapa terjerumus di dalamnya maka dikawatirkan ia akan terjerumus dalam perkara haram. Siapa yg mengembala di sekitar daerah terlarang, maka dikawatirkan ia akan terjerumus di dalamnya. Sesungguhnya setiap raja itu memiliki daerah terlarang, & daerah terlarang Allah adl hal-hal yg terlah diharamkan-Nya. [HR. Ahmad No.17645].

Hadits Ahmad No.17645 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17646

sesungguhnya aku tak ingin menjadi saksi atas ketidakadilan. Sesungguhnya anak-anakmu punya hak agar kamu bersikap adil terhadap mereka. [HR. Ahmad No.17646].

Hadits Ahmad No.17646 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17647

Perumpamaan orang-orang yg teguh dalam menjalankan hukum-hukum Allah & orang-orang yg terjerumus di dalamnya, seperti sekelompok orang yg berada di atas kapal. Sebagian mendapat tempat di bawah, tempat yg berbahaya & tak mengenakkan, & ada yg memperoleh tempat di atas. Orang-orang yg berada di bawah jika ingin mendapatkan air, maka mereka harus naik ke atas melewati orang-orang yg berada di atas hingga membuat susah. Maka orang-orang yg tinggal di bawah berkata, 'Lebih baik kami melubangi tempat di bagian kami ini, supaya tak mengganggu kawan-kawan di atas'. Maka jika mereka yg berada di atas membiarkan kawan-kawan mereka yg di bawah, pasti mereka semua akan binasa. Namun jika mereka mau mencegahnya, maka mereka akan selamat. Telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah ia berkata, Telah menceritakan kepada kami Al A'masy dari Asy Sya'bi dari An Nu'man bin Basyir ia berkata, Rasulullah bersabda:
Perumpamaan orang-orang yg teguh dalam menjalankan hukum-hukum Allah…Kemudian ia menyebutkan hadits. Telah menceritakan kepada kami Abu Nu'aim Telah menceritakan kepada kami Zakaria ia berkata, aku mendengar Amir berkata, aku mendengar An Nu'man bin Basyir berkata, Rasulullah bersabda:
Perumpamaan orang-orang yg teguh dalam menjalankan hukum-hukum Allah…lalau ia menyebutkan hadits tersebut. [HR. Ahmad No.17647].

Hadits Ahmad No.17647 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17648

Perumpamaan kaum Mukminin dalam berkasih sayang & persaudaraan mereka adl seperti satu jasad. Jika ada satu bagian yg merasa sakit, maka seluruh jasad akan ikut merasakan sakit dgn bergadang & demam. [HR. Ahmad No.17648].

Hadits Ahmad No.17648 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17649

Yang halal itu jelas & yg haram itu jelas, sedangkan di antara keduanya adl hal-hal syubhat yg tak diketahui banyak orang. Siapa saja yg dapat memelihara dirinya dari perkara-perkara syubhat, berarti dia telah menjaga kehormatan & agamanya, sedangkan siapa yg terjerumus dalam syubhat, berarti dia telah terjerumus dalam perbuatan haram, layaknya seorang penggembala yg mengembala di sekitar daerah terlarang, kemudian dia nyaris masuk ke dalamnya. Sesungguhnya setiap raja itu memiliki daerah terlarang, & sesungguhnya daerah larangan Allah adl hal-hal yg diharamkannya. Ketahuilah, sesungguhnya di dalam jasad manusia itu terdapat segumpal daging, jika ia baik maka seluruh jasadnya akan baik pula, jika ia rusak maka seluruh jasadnya pun akan rusak. Ketahuilah, segumpal darah itu adl hati. Telah menceritakan kepada kami Abu Nu'aim Telah menceritakan kepada kami Zakaria ia berkata, aku mendengar Amir berkata, aku mendengar An Nu'man bin Basyir berkata, Rasulullah bersabda:
Perumpamaan kaum Mukminin…Mlalu ia menyebutkan hadits tersebut. [HR. Ahmad No.17649].

Hadits Ahmad No.17649 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17650

meluruskan shaf-shaf sebagaimana beliau meluruskan anak panah atau tombak. [HR. Ahmad No.17650].

Hadits Ahmad No.17650 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17651

melaksanakannya setelah terbenamnya bulan di malam ketiga dari awal bulan. [HR. Ahmad No.17651].

Hadits Ahmad No.17651 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17652

Ini kezhaliman. Kemudian sebagian lagi menyebutkan, Ini pemaksaan, mintalah persaksian kepada selainku. Kemudian Mughirah menyebutkan dalam haditsnya; Bukankah akan menyenangkanmu jika bakti & kasing sayang mereka kepadamu sama?
Ia menjawab, Benar. Beliau bersabda:
Mintalah persaksian atas perkara ini kepada selainku. Mujalid menyebutkan dalam haditsnya; Sesungguhnya mereka memiliki hak atasmu untuk berlaku adil, sebagaimana kamu memiliki hak atas mereka untuk berbakti. [HR. Ahmad No.17652].

Hadits Ahmad No.17652 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17653

Perumpamaan orang-orang yg teguh dalam menjalankan hukum-hukum Allah & orang-orang yg terjerumus di dalam perkara yg haram, adl seperti sekelompok orang yg membagi tempat di atas perahu. Sebagian dari mereka ada yg mendapat tempat di atas, & sebagian lain ada yg memperoleh tempat di bawah & berbahaya. Jika orang-orang yg berada di bahwa membutuhkan air minum, maka mereka harus naik ke atas melewati sahabat-sahabatnya yg berada di atas hingga membuat mereka susah. Maka mereka orang-orang yg berada di bawah berkata, 'Lebih baik kami melubangi tempat di bagian kita ini, hingga kita tak melewati & mengganggu kawan-kawan di atas.' Maka jika mereka yg berada di atas membiarkan kawan-kawan mereka yg di bawah & apa yg mereka inginkan, pasti mereka semua akan binasa, jika mereka mencegahnya maka semuanya akan selamat. [HR. Ahmad No.17653].

Hadits Ahmad No.17653 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17654

Perumpamaan kaum Mukminin dalam berkasih sayang & persaudaraan mereka adl seperti satu jasad. Jika salah satu anggota badan ada yg merasakan sakit, maka seluruh jasad akan ikut merasakan sakit dgn bergadang & demam. [HR. Ahmad No.17654].

Hadits Ahmad No.17654 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17655

HAL ATAAKA HADIITSUL GHAASYIYAH (surat Al Ghasyiyah). [HR. Ahmad No.17655].

Hadits Ahmad No.17655 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17656

Apakah semua anakmu kamu berikan?
Ia menjawab, Tidak. Beliau bersabda:
Kalau begitu kembalikanlah. [HR. Ahmad No.17656].

Hadits Ahmad No.17656 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17657

SABBIHISMA RABBIKAL A'LAA. dan, HAL ATAAKA HADIITSUL GHAASYIYAH. Meskipun bertepatan dgn hari jum'at, maka beliau tetap membaca keduanya. Abu Abdurrahman berkata, Habib bin Salim mendengarnya dari An Nu'man, & ia adl juru tulisnya. Kemudian Sufyan juga salah di dalam haditsnya, ia mengatakan, Habib bin Salim, dari bapaknya, padahal ia mendengarnya dari An Nu'man. [HR. Ahmad No.17657].

Hadits Ahmad No.17657 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17658

Sesunggunya yg halal telah jelas & yg haram telah jelas, di antara keduanya ada perkara syubhat. Barangsiapa meninggalkan perkara yg dikawatirkan mengandung dosa, maka terhadapt perkara yg jelas-jelas dosa akan lebih ditinggalkannya. Sedangkan siapa yg nekat melakukan hal yg syubhat, maka dikawatirkan akan terjerumus dalam perkara haram. Sesungguhnya setiap raja memiliki daerah larangan & daerah larangan di muka bumi adl perbuatan-perbuatan maksiat, -atau beliau bersabda- perkara yg diharamkan-Nya. [HR. Ahmad No.17658].

Hadits Ahmad No.17658 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17659

meluruskan shaf-shaf sebagaimana beliau meluruskan bidikan tombak atau anak panah. [HR. Ahmad No.17659].

Hadits Ahmad No.17659 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17660

Sesungguhnya do'a itu adl ibadah. Kemudian beliau membaca ayat: '(Dan Tuhanmu berfirman: 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yg menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina)' (Qs. GHaafir: 60). Abu Abdurrahman Yusai' Al Kindi adl Yusai' bin Ma'dan. [HR. Ahmad No.17660].

Hadits Ahmad No.17660 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17661

SABBIHISMA RABBIKAL A'LAA. dan, HAL ATAAKA HADIITSUL GHAASYIYAH. Dan jika hari raya bertepatan dgn hari jum'at, maka beliau tetap membaca kedua surat ini. [HR. Ahmad No.17661].

Hadits Ahmad No.17661 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17662

Orang-orang yg mengingat akan kebesaran Allah dgn tasbih, tahmid, takbir & tahlil, maka semua itu akan senantiasa condong ke Arsy & mengeluarkan suara yg saling sambung-menyambung sebagaimana bunyi dahan pohon kurma. Mereka akan selalu menyebut-nyebut pemiliknya (orang yg mengucapkannya). Tidakkah salah seorang dari kalian suka, jika di sisi Allah ia memiliki sesuatu yg akan senantiasa menyebut-nyebutnya di hadapan-Nya. [HR. Ahmad No.17662].

Hadits Ahmad No.17662 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17663

Kalian meluruskan shaf, atau Allah benar-benar akan menjadikan kalian saling bermusuhan antara satu dgn yg lainnya. [HR. Ahmad No.17663].

Hadits Ahmad No.17663 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17664

Sesungguhnya penghuni neraka yg paling ringan siksaannya kelak pada hari kiamat adl seorang laki-laki yg kedua kakinya diberi sandal dari api neraka, lalu otaknya menjadi mendidih karenanya. [HR. Ahmad No.17664].

Hadits Ahmad No.17664 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17665

Do'a adl ibadah. Kemudian beliau membaca ayat: '(Berdo'alah kalian kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan untuk kalian…)' (Qs. Ghaafir: 60). [HR. Ahmad No.17665].

Hadits Ahmad No.17665 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17666

shalat saat terjadinya gerhana matahari sebagaimana shalat kalian, beliau rukuk & sujud. [HR. Ahmad No.17666].

Hadits Ahmad No.17666 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17667

Orang mukmin itu seperti jasad yg satu. Jika kepalanya sakit, maka semua anggota tubuhnya turut merasakan. Dan jika matanya sakit, niscaya seluruhnya akan merasakan (sakitnya). [HR. Ahmad No.17667].

Hadits Ahmad No.17667 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17668

Tidakkah kamu melihat, bahwa aku telah menghalangi antara seorang laki-laki & kamu?
An Nu'man berkata, Kemudian Abu Bakar datang lagi & meminta izin (untuk masuk), & ternyata ia mendapati beliau tertawa bersama Aisyah. Beliau lalu mengizinkannya & Abu Bakar pun masuk, Abu Bakar lalu berkata, Wahai Rasulullah, ikutkanlah aku dalam ketenteraman & kedamaian kalian berdua, sebagaimana kalian telah menyertakanku dalam percekcokan kalian. [HR. Ahmad No.17668].

Hadits Ahmad No.17668 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17669

Setiap sesuatu memiliki kekurangan (aib) kecuali pedang. Dan untuk setiap kekurangan (yang dijumpai pada barang belian) adl Arsy. +Ket; Arsy adl diat yg diambil oleh pembeli dari penjual karena aib yg didapatkannya dalam barang yg telah dibelinya. [HR. Ahmad No.17669].

Hadits Ahmad No.17669 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17670

Beliau shalat Isya sama persis dgn waktu terbenamnya bulan pada malam ketiga atau keempat. [HR. Ahmad No.17670].

Hadits Ahmad No.17670 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17671

Aku benar-benar akan putusan sebagaimana putusan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam. Jika isterinya telah menghalalkan (budak wanita miliknya) untuk sang suami, maka aku akan medera (suaminya) seratus kali. Tetapi jika tak menghalalkannya, maka aku benar-benar akan merajamnya. Lalu ia mendapati bahwa sang isteri telah menghalalkan budak wanitanya untuk sang suami, maka ia pun menderanya dgn seratus kali dera. [HR. Ahmad No.17671].

Hadits Ahmad No.17671 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17672

Aku ingatkan kalian akan (dahsyatnya) neraka, aku ingatkan kalian akan (dahsyatnya) neraka, aku ingatkan kalian akan (dahsyatnya) neraka. Seandainya seseorang berada di pasar, niscaya ia akan mendengarnya dari tempatku ini. Simak berkata, Sehingga khamishah (kain yg ada campuran sutera) yg ada di pundak beliau jatuh ke kakinya. [HR. Ahmad No.17672].

Hadits Ahmad No.17672 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17673

Aku peringatkan kalian akan (dahsyatnya) neraka, aku peringatkan kalian akan (dahsyatnya) neraka' sampai-sampai jika ada orang yg ada di ujung pasar, maka ia & seluruh penghuni pasar akan dapar mendengarnya, sedangkan beliau di atas mimbar. [HR. Ahmad No.17673].

Hadits Ahmad No.17673 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17674

Kalian meluruskan shaf-shat, atau Allah benar-benar akan menjadikan kalian saling bermusuhan satu dgn yg lainnya. [HR. Ahmad No.17674].

Hadits Ahmad No.17674 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17675

Perumpamaan seorang mujahid di jalan Allah adl seperti seorang yg berpuasa di siang shalat di malam hari, sehingga Mujahid itu kembali, kapanpun ia kembali. [HR. Ahmad No.17675].

Hadits Ahmad No.17675 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17676

Kami pernah shalat bersama Rasulullah pada malam kedua puluh tiga bulan Ramadlan hingga sepertiga malam pertama. Kemudian kami shalat lagi bersama beliau pada malam kedua puluh lima hingga pertengahan malam. Kemudian pada malam kedua puluh tujuh, beliau shalat bersama kami hingga kami menyangka bahwa kami tak akan mendapati waktu (makan) sahur. An Nu'man berkata, Dulu kami menyebut sahur itu Al Falah. Dan kami mengatakan malam ke tujuh dgn malam dua puluh tujuh, sedangkan kalian menyebut malam dua puluh tiga dgn dengan malam ke tujuh. Lalu siapakah yg benar, kami atau kalian?
[HR. Ahmad No.17676].

Hadits Ahmad No.17676 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17677

Barangsiapa memberikan suatu pemberian, baik berupa uang atau emas, memberi minum air susu atau menunjuki Ziqaq (jalan kecil), maka ia seperti seorang yg membebaskan seorang budak. [HR. Ahmad No.17677].

Hadits Ahmad No.17677 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17678

Menjelang datangnya hari kiamat, akan terjadi rentetan fitnah bagaikan malam yg gelap gulita. Seseorang di pagi harinya dalam keadaan mukmin, kemudian pada sore harinya telah menjadi kafir. Seorang yg di sore harinya dalam keadaan mukmin, kemudian pada pagi harinya telah menjadi kafir. Mereka adl kaum yg menjual bagian mereka dgn harta benda dunia yg sedikit -atau- dgn harta dunia. Al Hasan berkata, Demi Allah! Sungguh, kami melihat mereka memiliki rupa namun tak memiliki akal, mempunyai jasad namun tak memiliki ketabahan, mereka seperti kupu-kupu lampu & lalat. Di pagi hari mereka bernagkat dgn membawa dua dirham & kembali di waktu sore dgn membawa dua dirham, salah seorang dari mereka menjual agamanya seharga kambing. [HR. Ahmad No.17678].

Hadits Ahmad No.17678 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17679

Jika kamu telah menghalalkan budakmu itu baginya, maka aku akan mencambuknya seratus kali, namun jika kamu tak menghalalkan budak itu baginya, maka aku akan merajamnya. [HR. Ahmad No.17679].

Hadits Ahmad No.17679 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17680

Akan berlangsung nubuwwah (kenabian) di tengah-tengah kalian selama kurun waktu tertentu yg Allah kehendaki lalu Dia mengangkatnya. [HR. Ahmad No.17680].

Hadits Ahmad No.17680 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17681

Sesungguhnya buah kismis bisa menjadi khamer, gandum bisa menjadi khamer, anggur bisa menjadi khamer, kurma bisa menjadi khamer, & madu bisa menjadi khamer. Dan aku melarang setiap yg memabukkan. [HR. Ahmad No.17681].

Hadits Ahmad No.17681 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17682

Seorang laki-laki mengadakan perjalanan di daerah gurun -Hasan menyebutkan dalam haditsnya 'Falaat (padang sahara)'- lalu ia tidur di bawah pohon beserta kendaraannya yg di atasnya terdapat perbekalan berupa minuman & makanan. Saat terbangun, tiba-tiba ia tak lagi melihat kendaraannya. Kemudian ia mendaki tempat yg lebih tinggi, namun ia tak melihatnya. Kemudian ia mendaki tempat yg lebih tinggi, namun ia tak melihatnya. Setelah itu ia menoleh, & tiba-tiba hewan tunggangannya telah berjalan menuju ke arahnya dgn menyeret tali kekangnya. Dan laki-laki itu tidaklah lebih senang daripada senangnya Allah dgn taubat hamba-Nya, saat ia bertaubat. Bahz menyebutkan, Hamba-Nya, jika bertaubat kepada-Nya. Bahz berkata, Hammad berkata, 'Aku menduganya dari Nabi . [HR. Ahmad No.17682].

Hadits Ahmad No.17682 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17683

dalam shalat dua hari raya & shalat jum'at membaca: SABBIHISMA RABBIKAL A'LAA, dan, HAL ATAAKA HADITSUL GHAASYIYAH. Dan barangkali jika keduanya terjadai dalam satu hari yg sama, maka beliau juga membaca keduanya. Abu Awanah menyebutkan, Dan jika dua hari raya berkumpul dalam hari yg sama. [HR. Ahmad No.17683].

Hadits Ahmad No.17683 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17684

Apakah setiap anakmu kamu berikan?
Ia menjawab: Tidak. Beliau bersabda:
Sesungguhnya aku tak mau menjadi saksi atas kezhaliman & ketidakadilan. [HR. Ahmad No.17684].

Hadits Ahmad No.17684 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17685

Perumpamaan orang yg diam (dari mencegah kemungkaran) & mereka yg melanggar hukum-hukum Allah -sekali waktu Sufyan menyebutkan- orang yg menegakkan hudud Allah, seperti tiga orang yg berlayar di atas perahu. Maka satu dari mereka berada di bawah, tempat yg paling berbahaya & juga tempat yg paling buruk. Kemudian ia pun berselisih & merasa berat setiap kali melewati orang yg di atasnya. Maka ia pun berkata, 'Sekiranya aku membuat satu lubang, maka akan mempermudah aku & tak akan membuat mereka susah.' Kemudian sebagian mereka berkata, '(Biarkan saja) dia hanya melubangi bagiannya.' Kemudian yg lain berkata, 'Tidak.' Jika mereka mencegahnya maka ia akan selamat, & semuanya pun ikut selamat. Namun jika mereka membiarkannya, niscaya ia akan binasa & semuanya pun akan binasa. [HR. Ahmad No.17685].

Hadits Ahmad No.17685 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17686

Sesungguhnya dalam jasad manusia terdapat segumpal darah, jika ia baik & sehat maka seluruh jasad akan akan baik & sehat. Namun jika ia sakit, maka seluruh jasad pun akan ikut sakit & rusak. Ketahuilah, bahwa segumpal darah itu adl hati. [HR. Ahmad No.17686].

Hadits Ahmad No.17686 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17687

Sesungguhnya penghuni neraka yg paling ringan siksaannya kelak pada hari kiamat adl seorang laki-laki yg diletakkan di bawah kedua telapak kakinya sepasang bara api, kemudian otak kepalanya mendidih karenanya. [HR. Ahmad No.17687].

Hadits Ahmad No.17687 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17688

Sesungguhnya Allah telah menulis kitab dua ribu tahun sebelum menciptakan langit & bumi. Kemudian Dia menurunkan dua ayat darinya & menjadikan kedua ayat tersebut sebagai pebutup dari surat Al Baqarah. Maka tidaklah dua ayat itu dibaca di dalam rumah selama tiga malam kemudian setan berani mendekatinya. Affan berkata, Maka (rumah itu) tak akan didekati (setan). [HR. Ahmad No.17688].

Hadits Ahmad No.17688 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17689

menunaikannya sama persis saat terbenamnya bulan pada malam ketiga. [HR. Ahmad No.17689].

Hadits Ahmad No.17689 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17690

Kaum Mukminin laksana jasad yg satu, jika sebagian anggotanya sakit maka seluruhnya akan merasakan sakit. [HR. Ahmad No.17690].

Hadits Ahmad No.17690 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17691

Sesungguhnya ada tiga orang berada di dalam gua. Kemudian jatuhlah batu besar di depan pintu gua itu hingga mengurung mereka. Maka berkatalah seorang dari mereka, 'Ingat-ingatlah, siapa di antara kalian yg pernah melaksanakan amal shalih, semoga Allah dgn rahmat-Nya merahmati kita semua.' Kemudian seorang laki-laki dari mereka berkata, 'Aku pernah sekali berbuat kebaikan. Aku memiliki beberapa orang pekerja, saat mereka datang kepadaku, maka aku memperkerjakan setiap dari mereka dgn upah yg telah ditentukan. Suatu hari datanglah kepada seorang laki-laki dipertengahan waktu siang, maka aku pun mempekerjakannya dgn setengah gaji dari teman-temannya, lalu ia pun bekerja setengah hari yg tersisa sebagaimana setiap orang dari teman-temannya yg bekerja sepanjang harinya. Maka aku pun merasa tenang untuk tak mengurangi gajinya dari gaji teman-temannya karena kesungguhannya dalam bekerja. Kemudian seorang laki-laki dari mereka bertanya; 'Apakah kamu memberikan gaji kepada orang ini, seperti gaji yg kamu berikan padaku, padahal ia tak bekerja kecuali setengah hari?' Maka aku pun menjawab, 'Wahai hamba Allah, aku tak mengurangi dari gajimu sedikitpun, sesungguhnya itu adl hartaku, karena itu aku dapat menentukannya sesukaku.' Maka laki-laki itu pun marah & meninggalkan gajinya. Kemudian aku pun meletakkan haknya di samping rumahku sekehendak Allah (lamanya). Setelah itu, lewatlah beberapa ekor sapi di depanku, maka aku pun membeli anak sapi dgn gaji (laki-laki tadi), hingga ia pun berkembang biak dgn kehendak Allah. Kemudian berlalulah waktu yg panjang hingga suatu saat lewatlah seorang laki-laki tua hadapanku hingga aku tak lagi mengenalinya, laki-laki itu berkata, 'Sesungguhnya aku masih memiliki hak atasmu.' Laki-laki itu lantas mengingatkan aku siapa dirinya hingga aku mengenalinya, maka aku pun berkata, 'Aku tak akan berbuat lalim padamu, ini adl hakmu.' Lalu aku memberikan semua harta itu padanya. Laki-laki itu lalu berkata, 'Wahai Abdullah, janganlah kamu mencemoohku, jika kamu tak ingin bersedekah padaku maka berikanlah hakku. Laki-laki (shalih) itu berkata, Demi Allah, aku tak mencemoohmu. Sesungguhnya harta itu adl hakmu, aku tak berhak sedikitpun darinya.' Maka aku menyerahkan semua itu harta itu kepadanya. Ya Allah, jika memang aku melakukan hal itu karena mengharap wajah-Mu, bukankan jalan untuk kami.' Maka batu besar itu pun bergeser sedikit, & mereka dapat melihat keluar. Kemudian yg lain lagi berkata, 'Aku juga pernah sekali berbuat kebaikan. Waktu itu aku memiliki kelebihan harta, lalu manusia ditimpa kesempitan hidup. Kemudian datanglah seorang wanita meminta kemurahan padaku, & aku berkata, 'Tidak, demi Allah! Aku tak akan memberimu, kecuali jika kamu mau menyerahkan kehormatanmu.' Namun ia enggan & pergi kemudian kembali lagi serta mengingatkanku akan Allah. Dan aku berkata, 'Tidak demi Allah! Aku tak akan memberimu, kecuali jika kamu mau menyerahkan kehormatanmu.' Ia menolak lagi & pergi seraya menuturkan hal itu kepada suaminya. Suaminya kemudian berkata padanya, 'Serahkanlah dirimu, & berikanlah kecukupan pada anak-anakmu.' Maka wanita itu datang kepadaku seraya bersumpah kepada Allah atasku, namun aku tetap menolaknya seraya berkata padanya, 'Demi Allah, aku tak akan memberimu, kecuali kamu mau menyerahkan kehormatanmu.' Ketika ia melihat kondisi seperti itu, maka ia pun menyerahkan dirinya padaku. Saat aku membuka pakaian ingin menggaulinya, tiba-tiba ia bergetar di bawah tubuhku. Maka aku pun bertanya, 'Ada apa dengnanmu?' ia menjawab, 'Aku takut kepada Allah Rabbul 'Alamin.' Aku berkata padanya, 'Kamu takut kepada-Nya dalam kesempitan, akan tetapi aku tak takut kepada-Nya dalam kelapangan.' Maka aku pun meninggalkan wanita itu, & memberikan haknya lantaran aku telah menyingkap pakaiannya. Ya Allah, jika hal itu aku lakukan karena mengharap wajah-Mu, maka bukakanlah jalan untuk kami.' Kemudian batu itu pun bergeser sedikit hingga nampak lebih terang. Yang lain lagi berkata, 'Aku juga pernah sekali beramal shalih. Aku mempunyai kedua orang tua yg telah lanjut usia. Aku juga mempunyai kambing, aku biasa memberikan makan & minum kepada mereka berdua, baru setelah itu aku kembali mengurusi ternak kambingku. Suatau hari aku kehujanan sehingga aku tak bisa pergi hingga sore hari. Kemudian aku mendatangi keluargaku, lalu mengambil bejana (untuk perasan susu) & memeras susu kambingku yg sedang berdiri. Setelah itu, aku pergi menemui kedua orang tuaku, namun aku mendapati keduanya telah tidur, & aku tak berani untuk membangunkan keduanya & juga tak tega meninggalkan perahan susu kambingku. Maka aku pun tetap berdiri dgn membawa bejana perahan susu hingga mereka bangun di waktu subuh. Maka aku pun memberi minum mereka berdua. Ya Allah, jika aku melakukan hal itu karena mengharap wajah-Mu, maka bukakanlah jalan untuk kami.' An Nu'man berkata, Seolah-olah aku mendengar hal ini langsung dari Rasulullah , beliau bersabda:
Batu bersar itu kemudian terbuka, & Allah pun melapangkan jalan bagi mereka hingga mereka dapat keluar. [HR. Ahmad No.17691].

Hadits Ahmad No.17691 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17692

Sesunggunya yg halal telah jelas & yg haram juga telah jelas. Dan di antara keduanya terdapat perkara-perkara syubhat. Maka barangsiapa meninggalkan perkara yg berkemungkinan mengandung dosa, niscaya terhadapt perkara yg jelas-jelas dosa akan lebih ditinggalkannya. Barangsiapa nekat melakukan hal yg syubhat, maka dikawatirkan terjerumus dalam perkara haram. Dan barangsiapa mengembalakan hewan di sekitar daerah terlarang, maka dikawatirkan ia akan memasukinya. [HR. Ahmad No.17692].

Hadits Ahmad No.17692 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17693

Berlaku adillah kalian di antara anak-anak kalian. Abdurrahman berkata, telah menceritakan kepadaku Al Qawariri & Al Muqaddami keduanya berkata, Telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari Hajib bin Al Mufadldlal -yakni Ibnu Al Muhallab bin Abu Shufrah- dari Bapaknya dari An Nu'man bin Basyir ia berkata, Rasulullah bersabda:
Berlaku adillah kalian di antara anak-anak kalian. [HR. Ahmad No.17693].

Hadits Ahmad No.17693 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17694

Aku tahu bahwa Ali lebih anda cintai daripada bapakku & aku. Aisyah mengatakannya dua atau empat kali. Maka Abu Bakar pun minta izin & masuk, lalu ia mendekati Aisyah seraya berkata, Wahai binti Fulanah, kenapa aku mendengarmu mengangkat suara di hadapan Rasulullah ! [HR. Ahmad No.17694].

Hadits Ahmad No.17694 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17695

Berlaku adillah kalian di antara anak-anak kalian. Berlaku adillah kalian di antara anak-anak kalian. [HR. Ahmad No.17695].

Hadits Ahmad No.17695 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17696

Demi Allah! Allah benar-benar lebih senang dgn taubat hamba-Nya dari seorang laki-laki yg mengadakan perjalanan di padang sahara, lalu ia istirahat & tidur di bawah pohon. Kemudian setelah bangun ia tak mendapatkan lagi kendaraanya, maka ia pun mendaki ke tempat yg lebih tinggi, namun ia belum juga melihatnya, kemudian ia mendatangi tempat lain & naik lagi ke tempat yg lebih tinggi, tapi belum juga melihatnya. Akhirnya ia berkata, 'Aku akan kembali ke tempatku semula & aku akan berada di situ hingga mati.' Maka ia pun kembali, & tiba-tiba ia mendapati hewan tunggangannya sedang berjalan menyeret tali kekangnya. Beliau melanjutkan bersabda:
Dan Allah 'Azza wa Jalla lebih gembira lantaran taubat hamba-Nya dari senangnya laki-laki ini saat ia mendapatkan kembali kendaraannya. [HR. Ahmad No.17696].

Hadits Ahmad No.17696 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17697

Setiap sesuatu memiliki kekurangan (aib) kecuali pedang. Dan untuk setiap kekurangan (yang dijumpai pada barang belian) ada Arsy. +Ket; Arsy adl diyat yg diambil oleh pembeli dari penjual karena aib yg didapatkannya dalam barang yg telah dibelinya. [HR. Ahmad No.17697].

Hadits Ahmad No.17697 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17698

Jika isterimu telah menghalalkannya bagimu, maka aku akan menderamu seratus kali. Tetapi jika ia belum menghalalkannya untukmu, maka aku akan merajammu dgn batu. Dan ternyata isterinya telah mengahalalkan budak wanitanya untuk suaminya itu. Maka An Nu'man pun menderanya seratus kali. Perawi berkata, Aku mendengar Aban berkata, Qatadah mengabarkan kepada kami bahwa ia pernah menulis surat berkenaan dgn persoalan tersebut kepada Habib bin Salim. Lalu Salim membalasnya dgn menuliskan hadits ini. [HR. Ahmad No.17698].

Hadits Ahmad No.17698 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17699

Jika isterimu telah menghalalkannya bagimu, maka aku akan menderamu seratus kali. Tetapi jika ia tak menghalalkannya untukmu, maka aku akan merajammu. Kemudian An Nu'man mendapati wanita tersebut telah menghalalkan budak wanitanya untuk suaminya. Maka An Nu'man pun menderanya dgn seratus kali dera. [HR. Ahmad No.17699].

Hadits Ahmad No.17699 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17700

Kalian meluruskan shaf, atau Allah benar-benar akan menjadikan kalian saling bermusuhan antara satu dgn yg lainnya. [HR. Ahmad No.17700].

Hadits Ahmad No.17700 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17701

Sebaik-baik manusia adl generasiku, yg aku turut serta bersamanya, kemudian orang-orang yg datang setelahnya (yaitu generasi tabi'in), kemudian orang-orang yg datang setelah mereka (yakni generasi tabi'ut tabi'in). Setelah itu datanglah suatu kaum yg persaksian mereka mendahului sumpah mereka & sumpah mereka mendahului persaksian mereka. [HR. Ahmad No.17701].

Hadits Ahmad No.17701 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17702

Apakah kamu memiliki anak selainnya?
ia menjawab, Ya. Beliau bertanya lagi: Apakah semuanya kamu berikan seperti apa yg telah kamu berikan padanya?
ia menjawab, Tidak. Fithr berkata:
Maka Nabi bersabda kepadanya seperti ini: Sama ratakanlah pemberian di antara mereka. Dan Zakariya, berkata; Saya tak akan bersaksi di atas ketidakadilan. [HR. Ahmad No.17702].

Hadits Ahmad No.17702 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17703

Luruskanlah shaf-shaf kalian. -beliau mengulanginya tiga kali- Kalian memilih untuk meluruskan shaf ataukah Allah benar-benar akan memperselisihkan antara hati-hati kalian. An Nu'man berkata, Maka saya melihat seorang laki-laki menempelkan tumitnya dgn tumit temannya, kemudian lututnya ke lutut temannya & juga pundaknya ke pundak temannya. [HR. Ahmad No.17703].

Hadits Ahmad No.17703 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17704

pada shalat 'Idain (dua hari raya) & shalat Jum'at, Nabi membaca: SABBIHISMA RABBIKAL A'LAA. dan, HAL ATAAKA HADIITSUL GHAASYIYAH. [HR. Ahmad No.17704].

Hadits Ahmad No.17704 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17705

Sesungguhnya do'a itu adl ibadah. Kemudian beliau membaca: Dan Tuhanmu berfirman: 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.' (QS. Ghafir/Almukmin 60). [HR. Ahmad No.17705].

Hadits Ahmad No.17705 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17706

Kaum mukminin laksana jasad yg satu, jika kepalanya sakit, maka seluruh jasadnya akan ikut merasakannya dgn demam & bergadang (tidak bisa tidur). [HR. Ahmad No.17706].

Hadits Ahmad No.17706 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17707

Kaum mukminin laksana jasad yg satu, jika kepalanya sakit, maka seluruh jasadnya akan ikut merasakan sakit. Dan jika matanya sakit, seluruh badannya juga akan merasakan sakit. [HR. Ahmad No.17707].

Hadits Ahmad No.17707 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17708

Samakan (luruskanlah shaf) & janganlah kalian berselisih sehingga hati-hati kalian pun ikut berselisih. [HR. Ahmad No.17708].

Hadits Ahmad No.17708 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17709

Sesungguhnya do'a itu adl ibadah. Kemudian beliau membacakan ayat: Dan Tuhanmu berfirman: 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.' (QS. Ghafir/Almukmin 60). Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far Telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Manshur dari Dzarr dari Yusai' Al Hadlrami dari An Nu'man bin Basyir ia berkata; Rasulullah bersabda. Maka ia pun menyebutkan semisalnya. Syu'bah berkata yg semisal dgn itu. Abu Abdurrahman berkata; Saya dikabarkan bahwa Yusai' adl Yusai' bin Ma'dan. [HR. Ahmad No.17709].

Hadits Ahmad No.17709 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17710

dibaca Nabi setelah surat Al Jumu'ah pada saat shalat Jum'ah. Maka Nu'man menjawab, HAL ATAAKA HADIITSUL GHAASYIAH. [HR. Ahmad No.17710].

Hadits Ahmad No.17710 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17711

Menjelang datangnya hari kiamat, akan terjadi rentetan fitnah, ia laksana malam yg gelap gulita. Seseorang di pagi harinya dalam keadaan mukmin, namun pada sore harinya telah menjadi kafir. Kemudian seorang yg di sore harinya dalam keadaan mukmin, namun pada pagi harinya telah menjadi kafir. Di antara mereka terdapat suatu kaum yg menjual akhlaknya dgn harta dunia. [HR. Ahmad No.17711].

Hadits Ahmad No.17711 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17712

Kalian akan meluruskan shaf-shaf kalian dalam shalat ataukah Allah benar-benar akan menyelisihkan antara wajah-wajah kalian (satu sama lain)? [HR. Ahmad No.17712].

Hadits Ahmad No.17712 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17713

kalian akan meluruskan shaf-shaf kalian, ataukah Allah benar-benar akan menyelesihkan antara wajah-wajah kalian (satu sama lain)? [HR. Ahmad No.17713].

Hadits Ahmad No.17713 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17714

Dalam Jumu'ah Rasulullah membaca -Hasyim berkata; Dalam shalat jum'at pada hari jum'at-, SABBIHISMA RABBIKAL A'LAA. Dan, HAL ATAAKA HADIITSUL GHAASYIYAH. Dan jika dua hari raya itu bertepatan dgn jum'at, beliau juga membaca kedua surat itu. [HR. Ahmad No.17714].

Hadits Ahmad No.17714 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17715

Terjadi gerhana matahari pada masa Rasulullah , maka beliau pun menunaikan shalat. Dan (dalam shalatnya) Rasulullah juga ruku' & sujud. Hajjaj berkata, Yakni seperti shalat kita. [HR. Ahmad No.17715].

Hadits Ahmad No.17715 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17716

Jika isterinya telah menghalalkan budak wanita miliknya untuk suaminya, maka saya akan menderanya seratus kali. Jika belum, maka saya akan merajamnya. [HR. Ahmad No.17716].

Hadits Ahmad No.17716 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17717

Jika isterimu telah menghalalkannya untukmu, maka saya akan menderamu seratus kali dera. Dan jika tidak, maka saya akan merajammu. Ibnu Bakr berkata; Dan ia pun mendapati bahwa isteri laki-laki itu telah mengahalalkan budak wanita miliknya untuk suaminya. Maka An Nu'man menderanya seratus kali. [HR. Ahmad No.17717].

Hadits Ahmad No.17717 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17718

jika kamu telah mengizinkan baginya, maka saya akan menderanya seratus kali. Dan jika belum, maka saya akan merajamnya. Maka orang-orang pun mendatanginya & berkata, Suamimu akan dirajam, katakanlah bahwa kamu telah mengizinkan untuknya. Maka wanita itu pun berkata, Sesungguhnya saya telah mengizinkan untuknya. Kemudian suaminya itu dihadapkan & didera seratus kali. [HR. Ahmad No.17718].

Hadits Ahmad No.17718 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17719

Sebaik-baik manusia adl generasiku, yg aku turut serta bersamanya, kemudian orang-orang yg datang setelahnya (yaitu generasi tabi'in), kemudian orang-orang yg datang setelah mereka (yakni generasi tabi'ut tabi'in), kemudian generasi yg datang setelah mereka. Setelah itu, datanglah suatu kaum yg kesaksian mereka mendahului sumpah-sumpah mereka & sumpah-sumpah mereka mendahului kesaksian mereka. [HR. Ahmad No.17719].

Hadits Ahmad No.17719 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17720

Sesungguhnya perumpamaan kaum muslimin adl seperti jasad yg satu, jika ada bagian yg sakit, niscaya seluruh jasadnya akan turut mengeluh kesakitan. [HR. Ahmad No.17720].

Hadits Ahmad No.17720 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17721

Barang siapa yg tak mensyukuri yg sedikit, maka ia tak akan mampu mensyukuri sesuatu yg banyak. Dan barangsiapa tak berterima kasih kepada manusia, maka ia tak akan bersyukur kepada Allah. Membicarakan nikmat Allah termasuk syukur, sedangkan meninggalkannya merupakan perbuatan kufur. Hidup berja'amah adl rahmat, sedangkan perpecahan adl adzab. [HR. Ahmad No.17721].

Hadits Ahmad No.17721 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17722

Barang siapa yg tak mensyukuri yg sedikit, maka ia tak akan mampu mensyukuri sesuatu yg banyak. Dan barangsiapa tak berterima kasih kepada manunisa, maka ia tak akan bersyukur kepada Allah. Membicarakan nikmat Allah termasuk syukur, sedangkan meninggalkannya merupakan perbuatan kufur. Hidup berja'amah adl rahmat, sedangkan perpecahan adl adzab. (Imam Ahmad) Berkata; Abu Umamah Al Bahili berkata, Hendaklah kalian selalu bersama As Sawaad Al A'zham. Kemudian seorang laki-laki bertanya, Apakah itu As Sawaad Al A'zham?
Abu Umamah menjawab, Yakni di dalam ayat ini yg terdapat dalam surat An Nur: 'Dan jika kamu berpaling Maka Sesungguhnya kewajiban Rasul itu adl apa yg dibebankan kepadanya, & kewajiban kamu sekalian adl semata-mata apa yg dibebankan kepadamu.' (QS. Annur 54). [HR. Ahmad No.17722].

Hadits Ahmad No.17722 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17723

Dekatilah antara anak-anak kalian, yakni samaratakanlah di antara mereka (tidak pilih kasih). [HR. Ahmad No.17723].

Hadits Ahmad No.17723 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 17724

Berlaku adillah di antara anak-anak kalian. Berlaku adillah di antara anak-anak kalian. Berlaku adillah di antara anak-anak kalian. [HR. Ahmad No.17724].

Hadits Ahmad No.17724 Secara Lengkap

[[[]]]

Musnad Penduduk Kufah