Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Awal Mula Kenabian

Hadits Tirmidzi 3553

Horee….Orang ini akan menjadi pemimpin semesta alam, anak ini akan menjadi utusan Rab semesta alam & akan di utus oleh Allah sebagai rahmat bagi seluruh alam. Maka pembesar Quraisy berkata; Dari mana anda tahu hal itu?
Rahib menjawab; Sebenarnya semenjak kalian tiba di Aqabah, tak ada bebatuan & pepohonan pun melainkan mereka tunduk sujud, mereka tak sujud melainkan kepada seorang nabi, aku juga dapat mengetahui dari stempel kenabian yg berada di bagian bawah tulang rawan bahunya yg menyerupai buah apel. Kemudian Rahib itu kembali & menjamu mereka dgn makanan, ketika Rahib itu mendatangi rombongan Quraisy yg mengikutsertakan nabinya, sedangkan nabi berada diantara rombongan unta, Rahib itu berkata; Tolong utuslah beberapa orang untuk menjemputnya. Beberapa saat kemudian nabi datang dgn dinaungi sekumpulan awan di atas beliau. Ajaib, ketika Rahib itu mendekati rombongan, ia temukan mereka tengah berebutan mencari perlindungan bayang-bayang pohon. Anehnya ketika nabi duduk, justru bayang-bayang pohon itu mendekati beliau, kontan saja si Rahib mengatakan 'Coba kalian perhatikan, bayang-bayang pohon justru mendekati beliau'. (Kata Abu Musa), ketika sang rahib berdiri menghadap rombongan, ia memberi peringatan ' Maaf, hendaknya rombongan ini tak meneruskan perjalanan menuju Romawi. Sebab kalaulah mereka melihatnya, tentu mereka mengetahuinya dgn tanda-tandanya, & tentu mereka akan membunuhnya.' Ketika sang rahib menoleh, ternyata ada tujuh orang yg baru pulang dari Romawi & menemui rombongan. Rahib bertanya kepada mereka; 'Apa yg mendorong kalian datang kemari?
Rombongan itu menjawab; 'Begini, kami berangkat karena mendengar seorang nabi telah diutus di bulan ini, karenanya tak ada jalan lagi bagi kami selain beberapa orang harus diutus untuk menemuinya. Kami telah diberi tahu beritanya. Karenanya kami diutus & berangkat melalui jalan yg akan kalian lewati ini.' Si rahib lantas berujar kepada rombongan Makkah; 'Mungkin kalian punya pendapat yg Allah akan memutuskannya?, Ataukah kalian hendak mengembalikan si bocah ini (maksudnya Muhammad) ke Makkah?. Jawab mereka; Wahh, sepertinya tak ada. Selanjutnya rombongan itu berbaiat kepada si rahib & tinggal bersamanya beberapa waktu. Kata rahib; Siapa walinya anak ini?
Mereka menjawab; Abu Thalib. si rahib tiada henti-hentinya menasehati Abu Thalib hingga ia mau mengembalikan Muhammad (yang ketika itu belum menjadi nabi). Abu Bakar memerintahkan Bilal untuk mengawaninya, sedang si rahib memberinya bekal berupa kerupuk & minyak. Abu Isa mengatakan; Ini hadis hasan gharib yg kami tak mengenalnya selain dari jalur ini. [HR. Tirmidzi No.3553].

Hadits Tirmidzi No.3553 Secara Lengkap

[[[]]]