Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Fanatisme

Hadits Tirmidzi 1959

Apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Dia akan melindunginya dari fitnah dunia. Sebagaimana salah seorang dari kalian berteduh untuk melindungi sakitnya dari percikan air. Abu Isa berkata; Hadits semakna juga diriwayatkan dari Shuhaib & Ummu Al Mundzir. Ini adl hadits Hasan Gharib. Hadits ini telah diriwayatkan pula dari Mahmud bin Labid, dari Nabi secara Mursal. Telah menceritakan kepada kami Ali bin Hujr, telah mengabarkan kepada kami Isma'il bin Ja'far dari Amru bin Abu Amru & dari Ashim bin Umar bin Qatadah dari Mahmud bin Labid dari Nabi semisalnya. Namun di dalamnya ia tak menyebutkan; Dari Qatadah bin An Nu'man. Abu Isa berkata; Qatadah bin An Nu'man Azh Zhafari adl saudaranya Sa'id Al Khudri dari jalur ibunya. Sedangkan Mahmud bin Labid mendapati Nabi & sempat melihatnya, yg pada saat itu ia masih anak-anak. [HR. Tirmidzi No.1959].

Hadits Tirmidzi No.1959 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1960

pernah menemuiku & pada saat itu beliau bersama Ali. Ketika itu, kami memiliki ember-ember yg tergantung. Kemudian Rasulullah makan & Ali pun ikut makan. Lalu Rasulullah bersabda kepada Ali: Wahai Ali, mah..mah.., sesungguhnya kamu adl seorang yg paham. Maka Ali pun duduk sedangkan Nabi makan. Lalau aku membikinkan As Silq (sejenis ubi) & gandum bagi mereka. Kemudian Nabi bersabda:
Wahai Ali, mulailah dari sini, karena ia lebih pas untukmu. Abu Isa berkata; Ini adl hadits hasan gharib, kami tak mengetahuinya kecuali dari haditsnya Fulaih. Dan diriwayatkan pula dari Fulaih dari Ayyub bin Abdurrahman Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar Telah menceritakan kepada kami Abu Amir dari Abu Dawud keduanya berkata, Telah menceritakan kepada kami Fulaih bin Sulaiman dari Ayyub bin Abdurrahman dari Ya'qub bin Abu Ya'qub dari Ummu Al Mundzir Al Anshariyah ia berkata; Suatu ketika Rasulullah menemui kami. Maka ia pun menyebutkan hadits seperti haditsnya Yunus bin Muhammad bin Fulaih bin Sulaiman, hanya saja ia menyebutkan, Ia lebih bermanfaat untukmu. Muhammad bin Basysyar berkata di dalam haditsnya; Dan telah menceritakan kepadaku Ayyub bin Abdurrahman. Hadits ini adl hadits jayyid gharib. [HR. Tirmidzi No.1960].

Hadits Tirmidzi No.1960 Secara Lengkap

[[[]]]