Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Membaca Satu Huruf Alquran dan Ganjarannya

Hadits Tirmidzi 2835

Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Qur`an), maka baginya satu pahala kebaikan & satu pahala kebaikan akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kali, aku tak mengatakan ALIF LAAM MIIM itu satu huruf, akan tetapi ALIF satu huruf, LAAM satu huruf & MIIM satu huruf. Selain jalur ini, hadits ini juga diriwayatkan dari beberapa jalur dari sahabat Ibnu Mas'ud. Abul Ahwas telah meriwayatkan hadits ini dari Ibnu Mas'ud, sebagian perawi merafa'kannya (menyambungkannya sampai kepada Nabi) & sebaian yg lainnya mewaqafkannya dari sahabat Ibnu Mas'ud. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih gharib dari jalur ini, aku telah mendengar Qutaibah berkata; telah sampai berita kepadaku bahwa Muhammad bin Ka'ab Al Quradli dilahirkan pada masa Nabi masih hidup, & Muhammad bin Ka'ab di juluki dgn Abu Hamzah. [HR. Tirmidzi No.2835].

Hadits Tirmidzi No.2835 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2836

Allah tak mengizinkan seorang hamba pun dalam suatu hal yg lebih baik dari shalat dua rakaat yg ia lakukan, sesungguhnya kebaikan itu dibiarkan di atas kepala hamba selama ia berada dalam shalatnya & tidaklah seorang hamba mendekatkan diri kepada Allah dapat menyamai sesuatu yg keluar darinya (dari Al Qur'an). Abu An Nadl berkata; Maksud beliau adl al Qur'an. Abu Isa berkata; Hadits ini gharib, kami hanya mengetahuinya dari jalur ini. Bakr bin Khunais diperbincangkan oleh Ibnu Al Mubarak & meninggalkannya di akhir hayatnya. Hadits ini juga diriwayatkan dari Zaid bin Arthah dari Jubair bin Nufair dari Nabi secara mursal. Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Manshur seperti itu, telah menceritakan kepada kami Abdurahman bin Mahdi dari Mu'awiyah dari Al Ala` bin Al Harits dari Zaid bin Arthah dari Jubair bin Nufair ia berkata; Nabi bersabda:
Sesungguhnya kalian tak akan kembali kepada Allah dgn membawa seuatu yg lebih baik dari apa yg keluar darinya. maksud beliau al-Qur'an. [HR. Tirmidzi No.2836].

Hadits Tirmidzi No.2836 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2837

Sesungguhnya orang yg di dalam dirinya tak ada sedikit pun al-Qur'an ibarat rumah yg runtuh. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2837].

Hadits Tirmidzi No.2837 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2838

Kelak akan dikatakan kepada ahli Al Qur`an; Bacalah & naiklah, kemudian bacalah dgn tartil sebagaimana kamu membacanya ketika di dunia, karena sesungguhnya tempatmu ada pada akhir ayat yg kamu baca. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Telah menceritakan kepada kami Bundar telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi dari Sufyan dari 'Ashim dgn sanad & maksud yg sama. [HR. Tirmidzi No.2838].

Hadits Tirmidzi No.2838 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2839

Pada hari kiyamat, Al Qur`an akan datang kemudian berkata; Wahai Rabb berilah dia pakaian, maka dipakaikanlah kepadanya mahkota kemuliaan, kemudian Al Qur`an berkata lagi; Wahai Rabb, tambahkanlah kepadanya, maka dipakaikan kepadanya pakaian kemuliaan, kemudian berkata lagi; Wahai Rabb ridlailah dia, akhirnya dia pun diridlai, kemudian dikatakan kepada ahli Al Qur`an; Bacalah & naiklah, niscaya akan ditambahkan kepadamu satu pahala kebaikan pada setiap ayat. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari 'Ashim bin Bahdalah dari Abu Shalih dari Abu Hurairah dgn hadits yg semakna, namun dia tak merafa'kannya. Abu Isa berkata; Hadits ini lebih shahih dari hadits Abdusshamad dari Syu'bah. [HR. Tirmidzi No.2839].

Hadits Tirmidzi No.2839 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2840

Pahala-pahala ummatku ditampakkan kepadaku, hingga pahala seseorang yg membuang debu dari masjid, & ditampakkan kepadaku dosa-dosa ummatku, maka tak aku lihat dosa yg lebih besar dari satu surat atau satu ayat yg diberikan kepada seseorang kemudian dia melupakannya. Abu Isa berkata; Hadits ini gharib, kami tak mengetahuinya kecuali dari jalur ini. Perawi berkata; Aku menyebutkan hadits ini kepada Muhammad bin Isma'il, namun dia tak mengetahuinya bahkan menganggap hadits ini gharib (sendirian), Muhammad berkata; Aku tak mengetahui kalau Al Muthallib bin Abdullah pernah mendengar dari salah seorang sahabat Nabi , selain perkataannya, telah menceritakan kepadaku orang yg menyaksikan khutbah Nabi . Perawi juga berkata; Aku mendengar Abdullah bin Abdurrahman berkata; Kami tak mengetahui kalau Abdul Muthallib pernah mendengar dari salah seorang sahabat Nabi . Abdullah berkata; Ali bin Al Madini mengingkari Al Muthallib bila dia pernah mendengar dari Anas. [HR. Tirmidzi No.2840].

Hadits Tirmidzi No.2840 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2841

Barangsiapa membaca al-Qur'an, hendaklah meminta kepada Allah dengannya, karena sungguh akan datang suatu kaum yg membaca al-Qur'an, lalu dengannya mereka meminta-minta kepada orang. Mahmud berkata; Dia yaitu Khaitsamah Al Bashri yg haditsnya diriwayatkan oleh Jabir Al Ju'fi, bukan Khaitsamah bin Abdurrahman. Khaitsamah ini seorang guru Bashrah, kun-yahnya adl Abu Nashr. Ia meriwayatkan beberapa hadits dari Anas. Jabir Al Ju'fi juga meriwayatkan banyak hadits dari Khaitsamah. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan, namun sanadnya tak demikian. [HR. Tirmidzi No.2841].

Hadits Tirmidzi No.2841 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2842

Tidak beriman kepada Al Qur`an orang yg menghalalkan apa yg diharamkan Al Qur`an. Abu Isa berkata; Hadits ini sanadnya tak kuat, karena riwayat Waqi' tak seperti itu. Muhammad berkata; Abu Farwah Yazid bin Sinan Ar Rahawi haditsnya tak apa-apa kecuali yg diriwayatkan anaknya, Muhammad, karena anaknya telah meriwayatkan hadits-hadits munkar darinya. Abu Isa berkata; Muhammad bin Yazid bin Sinan telah meriwayatkan hadits ini dari Ayahnya kemudian dia menambahkan dalam sanadnya: Dari Mujahid dari Sa'id bin Al Musayyib dari Shuhaib, padahal tak ada yg menguatkan riwayat Muhammad bin Yazid, karena dia perawi yg lemah, sedangkan Abu Al Mubarak adl seorang lelaki yg tak diketahui. [HR. Tirmidzi No.2842].

Hadits Tirmidzi No.2842 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2843

Seseorang yg membaca al-Qur'an dgn suara keras seperti orang yg menampak-nampakkan sedekah, sedangkan orang yg membaca al-Qur'an dgn suara lirih, seperti orang yg bersedekah dgn sembunyi-sembunyi. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan gharib. Makna hadits ini adalah; Orang yg membaca al-Qur'an dgn suara lirih lebih baik dari yg membaca dgn suara keras, karena sedekah sembunyi-sembunyi itu lebih baik dari sedekah dgn terang-terangan menurut para ulama. Sedangkan menurut ulama mengenai makna hadits ini adl agar seseorang terhindar dari sifat ujub, karena orang yg melakukan amalan dgn sembunyi-sembunyi itu tak dikhawatirkan ujub seperti bila dilakukan secara terang-terangan. [HR. Tirmidzi No.2843].

Hadits Tirmidzi No.2843 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2844

Tidaklah Nabi beranjak ke ranjangnya untuk tidur, hingga beliau membaca (surat) bani isra`il (surat Al Isra`) & surat Az Zumar. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan gharib, Abu Lubabah adl seorang syaikh dari Bashrah yg hadits-haditsnya diriwayatkan oleh Hammad bin Zaid, ia juga dinamakan Marwan. Muhammad bin Isma'il telah mengabarkan demikian kepadaku dalam kitab At Tarikh. [HR. Tirmidzi No.2844].

Hadits Tirmidzi No.2844 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2845

Sesungguhnya pada surat-surat tersebut terdapat ayat yg lebih baik dari seribu ayat. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan gharib. [HR. Tirmidzi No.2845].

Hadits Tirmidzi No.2845 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2846

Barangsiapa membaca tiga kali di pagi hari, A'UUDZU BILLAAHI MINASY SYAITHAANIR RAJIIM kemudian membaca tiga ayat terakhir surat Al Hasyr, maka dengannya Allah akan menugaskan tujuhpuluh ribu malikat untuk mendoakannya hingga sore hari & bila ia meninggal pada hari itu, ia mati dalam keadaan syahid & barangsiapa mengucapkannya di sore hati, kedudukannya sama seperti itu. Abu Isa berkata; Hadits ini gharib, kami hanya mengetahuinya melalui sanad ini. [HR. Tirmidzi No.2846].

Hadits Tirmidzi No.2846 Secara Lengkap

[[[]]]