Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Hal-hal yang Tidak Terkena Hukuman Potong Tangan

Hadits Malik 1320

Tidak ada potong tangan dalam kurma & katsar, & katsar adl bejana dari mayang (pohon kurma) . Orang itu berkata; Marwan bin Al Hakam menangkap pelayanku & dia ingin memotong tangannya. Maka aku berharap jika engkau sudi untuk pergi bersamaku menemuinya, agar engkau bisa menyampaikan apa yg telah engkau dengar dari Rasulullah Shalla Allahu 'alaihi wa sallam. Maka Rafi' pergi bersamanya menghadap Marwan bin Al Hakam, kemudian dia bertanya kepada Marwan; Apakah kamu telah menangkap budak orang ini?
dia menjawab; Ya. Rafi' bertanya lagi; Apa yg akan kamu perbuat terhadapnya?
Dia menjawab; Aku hendak memotong tangannya. Kemudian Rafi' berkata; kepadanya; Saya telah mendengar Rasulullah Shalla Allahu 'alaihi wa sallam bersabda:
'Tidak ada potong tangan dalam kurma & katsar.' lalu dia menyuruh agar membebaskan budak itu, & (budak itupun) dibebaskan. [HR. Malik No.1320].

Hadits Malik No.1320 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Malik 1321

Bebaskan dia, karena tak ada potong tangan untuk pembantumu yg mencuri hartamu. [HR. Malik No.1321].

Hadits Malik No.1321 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Malik 1322

Tidak ada potong tangan dalam hal pencopetan. [HR. Malik No.1322].

Hadits Malik No.1322 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Malik 1323

tidak ada potong tangan kecuali pada seperempat dinar atau lebih'. Abu Bakar berkata; Maka aku membebaskan petani tadi. [HR. Malik No.1323].

Hadits Malik No.1323 Secara Lengkap

[[[]]]