Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Yang Tak Berhak Menerima Sedekah

Hadits Tirmidzi 589

Tidak halal meminta-minta bagi orang kaya, demikian juga orang yg memiliki anggota badan yg sempurna, jika dia orang yg kuat, namun dia sangat membutuhkan, serta tak memiliki apapun, maka dia diberi bagian zakat, sebagian ulama membolehkan amil zakat untuk melakukannya. [HR. Tirmidzi No.589].

Hadits Tirmidzi No.589 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 590

Orang yg kaya tak berhak menerima zakat demikian juga orang yg memiliki anggota badan yg sempurna, kecuali orang yg fakir & banyak memiliki hutang. Dan barang siapa yg meminta-minta hanya untuk memperbanyak hartanya maka akan datang paad hari kiamat dgn tanda tercela di wajahnya serta dia akan memakan batu dari api neraka, oleh karena itu barang siapa yg ingin sedikit meminta atau banyak meminta lakukanlah (sebagai bentuk ancaman). telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Ghailan, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Adam dari Abdurrahim bin Sulaiman seperti hadits di atas. Abu 'Isa berkata, melalui sanad ini, hadits Hubsyi merupakan hadits gharib. [HR. Tirmidzi No.590].

Hadits Tirmidzi No.590 Secara Lengkap

[[[]]]