Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Bacaan Menyalatkan Jenazah

Hadits Tirmidzi 945

ALLAHUMMAGHFIRLI LIHAYYINA WA MAYYITINA WA SYAHIDINA WA GHAIBINA WA SHAGHIRINA WA KABIRINA WA DZAKARINA WA UNTSANA (Ya Allah, ampunilah orang yg masih hidup di antara kami & orang yg sudah meninggal, orang yg hadir di antara kami & orang yg tak hadir, orang yg masih kecil di antara kami & orang yg sudah tua, yg laki-laki & yg perempuan kami) Yahya berkata; telah menceritakan kepadaku Abu Salamah bin Abdurrahman dari Abu Hurairah dari Nabi seperti di atas. Dengan tambahan di dalamnya, ALLAHUMMA MAN AHYAITAHU MINNA FA AHYIHI 'ALAL ISLAM WAMAN TAWAFFAITAHU MINNA FA TAWAFFAHU 'LALA IMAN (Ya Allah, orang yg Engkau hidupkan di antara kami maka hidupkanlah dia dalam (keadaan) Islam, orang yg Engkau wafatkan dari kami, maka wafatkanlah mereka dalam keadaan iman) (Abu Isa At Tirmidzi) berkata; Hadits semakna diriwayatkan dari Abdurrahman, Aisyah, Abu Qatadah, Auf bin Malik & Jabir. Abu Isa berkata; Hadits Walid Abu Ibrahim merupakan hadits hasan shahih.
Hisyam Ad Dastuwali & Ali bin Mubarak meriwayatkan hadits ini dari Yahya bin Abu Katsir dari Abu Salamah bin Abdurrahman dari Nabi secara mursal. Ikrimah bin 'Ammar meriwayatkan dari Yahya bin Abu Katsir dari Abu Salamah dari Aisyah dari Nabi & hadits Ikrimah bin 'Ammar tak mahfuzh. Ikrimah mungkin ragu dalam hadits Yahya, & diriwayatkan dari Yahya bin Abu Katsir dari Abdullah bin Abu Qatadah dari Bapaknya dari Nabi . Saya telah mendengar Muhammad berkata; Riwayat yg paling shahih dalam masalah ini adl hadits Yahya bin Abu Katsir dari Abu Ibrahim Al Asyhali dari Bapaknya. Saya bertanya kepadanya tentang nama Abu Ibrahim namun dia tak mengetahuinya. [HR. Tirmidzi No.945].

Hadits Tirmidzi No.945 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 946

ALLAHUMMAGHFIR LAHU WARHAMHU WAGHSILHU BIL BARAD WAGHSILHU KAMA YUGHSALUTS TSAUBU (Ya Allah, ampunilah dia, berilah dia rahmat. Bersihkanlah dia dgn air dingin. Bersihkanlah dia sebagaimana pakaian yg dibersihkan) Abu Isa berkata; Ini merupakan hadits hasan shahih.
Muhammad berkata; 'Hadits yg paling shahih pada masalah ini adl hadits ini'. [HR. Tirmidzi No.946].

Hadits Tirmidzi No.946 Secara Lengkap

[[[]]]