Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Waktu Shalat Dari Nabi Shollallahu Alaihi Wa Salam

Hadits Tirmidzi 138

Jibril 'Alaihis Salam pernah mengimamiku di sisi Ka'bah dua kali. Pertama kali, ia shalat zhuhur ketika bayang-bayang seperti tali sandal. Kemudian ia shalat asar ketika bayangan sesuatu seperti benda aslinya. Kemudian shalat maghrib ketika matahari terbenam & orang-orang yg berpuasa berbuka. Kemudian shalat isya ketika warna merah di langit hilang. Setelah itu ia shalat subuh ketika fajar terbit & makanan menjadi haram bagi orang yg berpuasa. Pada kali kedua, ia shalat zhuhur bayangan sesuatu sebagaimana aslinya, persis untuk waktu shalat asar kemarin. Lalu ia shalat asar ketika bayangan setiap sesuatu dua kali dari benda aslinya. Kemudian ia shalat maghrib sebagaimana waktu yg lalu, lalu shalat isya yg akhir ketika telah berlalu sepertiga waktu malam. Kemudian shalat subuh ketika matahari matahari telah merekah menyinari bumi. Setelah itu Jibril menoleh ke arahku seraya berkata; Wahai Muhammad, ini adl waktu para Nabi sebelummu, & waktu shalat adl antara kedua waktu ini. Abu Isa berkata; Dalam bab ini juga ada riwayat dari Abu Hurairah, Buraidah, Abu Musa, Abu Mas'ud Al Anshari, Abu Sa'id, Jabir, 'Amru bin Hazm, Al Bara & Anas. Telah mengabarkan kepadaku Ahmad bin Musa berkata; telah mengabarkan kepada kami Abdullah bin Al Mubarak berkata; telah mengabarkan kepada kami Husain bin Ali bin Husain berkata; telah mengabarkan kepadaku Wahb bin Kaisan dari Jabir bin Abdullah dari Rasulullah , beliau bersabda:
Jibril mengimamiku……lalu ia menyebutkan sebagaimana dalam hadits Ibnu Abbas secara makna. Dan ia tak menyebutkan dalam hadits tersebut, Untuk waktu asar seperti yg kemarin. Abu Isa berkata; Hadits ini derajatnya hasan shahih gharib. Dan hadits Ibnu Abbas derajatnya hadits hasan shahih.
Muhammad berkata; Riwayat yg paling shahih dalam hal waktu shalat adl hadits Jabir dari Nabi . Ia berkata; Hadits Jabir tentang waktu-waktu shalat telah diriwayatkan oleh 'Atha bin Abu Rabah & Amru bin Dinar & Abu Az Zubair dari Jabir bin Abdullah dari Nabi , seperti hadits Wahb bin kaisan, dari Jabir, dari Nabi . [HR. Tirmidzi No.138].

Hadits Tirmidzi No.138 Secara Lengkap

[[[]]]