Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Wudlunya Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam

Hadits Muslim 346

Tunjukkan kepada kami cara Rasulullah berwudlu! ' Abdullah lalu minta satu wadah air, ia lalu menuangkan sedikit air ke atas kedua tapak tangan & membasuhnya sebanyak tiga kali. Kemudian dia memasukkan tangan ke dalam wadah untuk menciduk air (dengan tangannya) & berkumur-kumur serta memasukkan air ke dalam hidung dgn air yg sama sebanyak tiga kali dari satu telapak tangan. Kemudian dia menciduk air sekali lagi lalu membasuh muka sebanyak tiga kali. Selepas itu, dia menciduk lagi dgn tangannya lalu membasuh tangan hingga ke siku dua kali-dua kali. Kemudian dia menciduk lagi lalu mengusap kepala dgn cara menyapu tangannya dari arah depan kepala ke arah belakang, kemudian dia membasuh kedua kakinya hingga ke mata kaki. Selepas itu, dia berkata, 'Beginilah cara Rasulullah wudlu'. Dan telah menceritakan kepadaku al-Qasim bin Zakariya telah menceritakan kepada kami Khalid bin Makhlad dari Sulaiman dia adl Ibnu Bilal, dari Amru bin Yahya dgn isnad ini hadits, seperti hadits tersebut, & tak menyebutkan kata 'al-Ka'bain'. Dan telah menceritakan kepadaku Ishaq bin Musa al-Anshari telah menceritakan kepada kami Ma'n telah menceritakan kepada kami Malik bin Anas dari Amru bin Yahya dgn isnad ini, & dia menyebutkan, Abdullah berkumur & beristintsar sebanyak tiga kali, ' & tak mengatakan 'dari satu tangan'. Dan dia menambahkan setelah perkataannya, Lalu dia menyapunya dari depan & belakang, & memulainya dari arah depan kepalanya. Kemudian dia mulai dgn keduanya kepada jambulnya, kemudian mengembalikannya hingga kembali ke tampat semula yg mana dia memulai darinya. Lalu dia membasuh kedua kakinya. Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Bisyr al-'Abdi telah menceritakan kepada kami Bahz telah menceritakan kepada kami Wuhaib telah menceritakan kepada kami Amru bin Yahya dgn semisal isnad mereka, lalu menceritakan hadits tersebut. Dan dia menyebutkan di dalamnya, Lalu dia berkumur-kumur & beristinsaq (memasukkan air ke dalam hidung) lalu beristintsar (mengelurkan air dari dalam hidung) tiga kali cidukan. Dan dia juga menyebutkan, Lalu dia mengusap kepalanya, lalu memulainya dgn cara dari depan ke belakang satu kali. Bahz berkata, Wuhaib mendektekan hadits ini kepadaku. Dan Wuhaib berkata, Amru bin Yahya mendektekan hadits ini kepadaku dua kali. [HR. Muslim No.346].

Hadits Muslim No.346 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Muslim 347

berwudlu, lalu berkumur-kumur kemudian beristintsar (memasukkan air ke hidung), kemudian membasuh wajahnya tiga kali, tangannya sebelah kanan tiga kali & yg sebelah kiri tiga kali, lalu mengusap kepalanya dgn air yg bukan sisa air dari tangannya, & mencuci kedua kakinya hingga membersihkan keduanya. Abu ath-Thahir berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahab dari Amru bin al-Harits. [HR. Muslim No.347].

Hadits Muslim No.347 Secara Lengkap

[[[]]]