Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Menyegerakan Zhuhur

Hadits Tirmidzi 143

Aku tak pernah melihat seorang pun yg bersegera dalam melaksanakan shalat zhuhur kecuali Rasulullah , tak Abu Bakar & tak pula Umar. Ia berkata; Dalam bab ini juga ada riwayat dari Jabir bin Abdullah, Khabbab, Abu Barzah, Ibnu Mas'ud, Zaid bin Tsabit, Anas & Jabir bin Samrah. Abu Isa berkata; Hadits 'Aisyah ini derajatnya hasan. Pendapat inilah yg diambil oleh ahli ilmu dari kalangan sahabat Nabi & orang-orang setelah mereka. Ali Al Madini berkata; Yahya bin Sa'id berkata; Syu'bah telah memperbincangkan tentang Hakim bin Jubair karena hadits yg telah ia meriwayakan dari Ibnu Mas'ud dari Nabi , beliau bersabda:
Barangsiapa meminta kepada manusia sedang dia tak membutuhkannya ……….. Yahya berkata; sofyan meriwayatkan hadits ini demikian juga Zaidah meriwayatkannya, Yahya tak melihat ada masalah dalam hadits ini, Muhammad berkata:
telah diriwayatkan dari Hakim bin Jubair dari Aisyah dari Nabi shallalahu 'alaihi wa sallam dalam masalah mempercepat shalat zhuhur [HR. Tirmidzi No.143].

Hadits Tirmidzi No.143 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 144

shalat zhuhur ketika matahari telah tergelincir. Abu Isa berkata; Hadits ini derajatnya hasan shahih, & hadits ini adl hadits yg paling baik dalam bab ini. Dan dalam bab ini juga ada riwayat dari Jabir. [HR. Tirmidzi No.144].

Hadits Tirmidzi No.144 Secara Lengkap

[[[]]]