Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Biji-bijian yang Dipergunakan untuk Khamar

Hadits Tirmidzi 1795

Sesungguhnya dari gandum yg bagus & putih, dari gandum biasa, dari korma & dari anggur, serta dari madu dapat dibuat khamr (arak). Hadits semakna juga diriwayatkan dari Abu Hurairah. Abu Isa berkata; Ini merupakan hadits gharib. Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali Al Khallal, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Adam dari Isra`il semisalnya. Abu Hayyan juga telah meriwayatkan hadits ini dari Asy Sya'bi dari Ibnu Umar dari Umar ia berkata; Sesungguhnya dari biji gandum dapat dibuat khamr. Lalu menuturkan hadits ini. Demikian pula, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani', telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Idris dari Abu Hayyan At Taimi dari Asy Sya'bi dari Ibnu Umar dari Umar bin Al Khaththab ia berkata; Sesungguhnya dari biji gandum dapat dibuat khamr. Hadits ini lebih shahih daripada haditsnya Ibrahim bin Muhajir. Ali Al Madini berkata; Yahya bin Sa'id berkata; Ibrahim bin Muhajir bukan orang yg kuat dalam periwayatan hadits. Hadits ini telah diriwayatkan juga dari Nu'man bin Basyir melalui banyak jalur. [HR. Tirmidzi No.1795].

Hadits Tirmidzi No.1795 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1796

Khamer itu berasal dari dua pohon ini, yaitu pohon kurma & anggur. Abu Isa berkata; Ini adl hadits hasan shahih.
Abu Katsir As Suhaimi adl Al Ghubari, namanya adl Yazid bin Abdurrahman bin Ghufailah. Syu'bah telah meriwayatkan hadits ini dari Ikrimah bin Ammar. [HR. Tirmidzi No.1796].

Hadits Tirmidzi No.1796 Secara Lengkap

[[[]]]