Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Keutamaan Kefakiran

Hadits Bukhari 5966

Apa pendapat kalian dgn laki-laki ini?
Maka seorang yg terpandang menjawab; 'Demi Allah, bahwa dari bangsawan, bila dia meminang, pasti akan diterima, & bila dimintai bantuan pasti akan dibantu.' Nabi diam. Beberapa saat kemudian, lewatlah seorang laki-laki lain, lalu Rasulullah bertanya kepadanya: 'Apa pendapatmu dgn orang ini?
' Dia menjawab; 'Wahai Rasulullah, menurutku; orang ini adl orang termiskin dari kalangan kaum Muslimin, apabila ia meminang sudah pantas pinangannya untuk ditolak, & jika dimintai pertolongan dia tak akan ditolong, & apabila berkata, maka perkataannya tak akan didengar.' Maka Rasulullah bersabda:
'Sungguh orang ini (orang yg terlihat miskin) lebih baik dari dunia & seisinya daripada orang yg ini (yaitu orang yg kelihatanya bangsawan).' [HR. Bukhari No.5966].

Hadits Bukhari No.5966 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Bukhari 5967

Kami berhijrah bersama Rasulullah dgn mengharap ridla Allah Ta'ala, maka Allah pun memberi balasan kepada kami, diantara kami ada yg meninggal & belum mendapatkan balasan (di dunia) sedikitpun, diantaranya adl Mush'ab bin Umair yg terbunuh pada perang Uhud, & hanya meninggalkan kain burdah kasar, jika kami menutup kepalanya, kedua kakinya keluar dari kain (terlihat) & jika kami menutup kakinya, kepalanya keluar dari kain (terlihat). Maka Nabi menyuruh kami untuk menutup kepalanya dgn kain tersebut & menutup kakinya dgn idzkhir (rumput-rumputan berbau harum: penerj). Juga diantara kami ada yg memliki buah yg sudah masak & ia memetiknya.' [HR. Bukhari No.5967].

Hadits Bukhari No.5967 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Bukhari 5968

Aku pernah menengok ke surga, ternyata kebanyakan penghuninya adl orang-orang miskin, & aku juga menengok ke neraka, ternyata kebanyakan penghuninya adl kaum wanita. Diperkuat juga oleh Ayyub & 'Auf. Shakhr & Hammad bin Najih mengatakan; dari Abu Raja` dari Ibnu Abbas. [HR. Bukhari No.5968].

Hadits Bukhari No.5968 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Bukhari 5969

Nabi tak pernah makan di atas khiwan (tempat yg sangat besar) hingga beliau meninggal, & tak juga memakan roti yg lunak hingga beliau meninggal. [HR. Bukhari No.5969].

Hadits Bukhari No.5969 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Bukhari 5970

Sungguh Nabi telah wafat, sementara tak ada sesuatupun di rumahku yg dapat dimakan oleh makhluk yg bernyawa (manusia atau hewan) kecuali sedikit gandum yg ada pada rak makanan milikku, lalu aku memakannya sebagian hingga beberapa lama, kemudian aku timbang & akhirnya rusak (habis). [HR. Bukhari No.5970].

Hadits Bukhari No.5970 Secara Lengkap

[[[]]]