Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Surat Alhajj

Hadits Tirmidzi 2865

membaca: WATARAN NAASA SUKAARAA WA MAA HUM BI SUKAARAA (kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal Sebenarnya mereka tak mabuk). QS Al-Hajj: 2. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan, kami tak mengetahui Qatadah pernah mendengar dari salah seorang sahabat Nabi kecuali dari Anas & Abu Thufail, & hadits ini menurut saya hanya ringkasan, hadits ini hanya diriwayatkan dari Qatadah dari Al Hasan dari Imran bin Hushain, dia berkata; Kami bersama Nabi dalam suatu perjalanan, kemudian beliau membaca: YAA AYYUHAN NAASUT TAQUU RABBAKUM (Wahai sekalian manusia, takutlah kalian kepada Rabb kalian). QS Al Hajj: 1 dgn redaksi yg panjang, sementara hadits Al Hakam bin Abdul Malik menurutku ringkasan dari hadits ini. [HR. Tirmidzi No.2865].

Hadits Tirmidzi No.2865 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2866

Alangkah buruknya salah seorang dari dari mereka atau salah seorang dari kalian bila mengatakan; Aku lupa ayat ini & ini, bahkan ia pelupa (diciptakan dgn tabiat pelupa), oleh karena itu hafalkanlah al-Qur'an, demi Dzat yg jiwaku berada di tanganNya, terlepasnya (al-Qur'an) dari hati orang lebih dahsyat daripada unta yg terlepas dari ikatannya. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2866].

Hadits Tirmidzi No.2866 Secara Lengkap

[[[]]]