Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Posisi Imam Shalat Jenazah Ketika Mayyit Laki2 Atau Wanita

Hadits Tirmidzi 955

maka dia berdiri pada arah kepalanya, lalu mereka datanglah seorang jenazah perempuan dari Quraisy. Mereka mengatakan; 'Wahai Abu Hamzah! Shalatlah atasnya.' Lalu dia berdiri pada arah tengahnya. Al 'Ala` bin Ziyad bertanya; 'Apakah begitu kamu melihat Nabi shalat atas jenazah wanita & jenazah laki-laki?
' Dia menjawab; 'Ya.' Tatkala telah selesai, dia berkata; 'Jagalah hal itu! Hadits semakna diriwayatkan dari Samurah. Abu Isa berkata; Hadits Anas merupakan hadits hasan. Lebih dari satu orang yg meriwayatkan dari Hammam seperti di atas. Waki' meriwayatkan hadits ini dari Hammam lalu dia ragu. Dia mengatakan dari Ghalib dari Anas, & yg sahih adl dari Abu Ghalib. Abdul Warits bin Sa'id & yg lainnya meriwayatkan hadits ini dari Abu Ghalib seperti riwayat hadits Hammam. Mereka berselisih pada nama Ghalib, sebagian berkata; namanya adl Nafi', sebagian lagi namanya adl Rafi'. Sebagian ulama berpendapat demikian, di antaranya adl Ahmad & Ishaq. [HR. Tirmidzi No.955].

Hadits Tirmidzi No.955 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 956

menshalati jenazah seorang wanita & beliau berdiri di tengah-tengahnya. Abu Isa berkata; Ini merupakan hadits hasan shahih.
Syu'bah telah meriwayatkannya dari Husain Al Mu'allim. [HR. Tirmidzi No.956].

Hadits Tirmidzi No.956 Secara Lengkap

[[[]]]