Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Sunahnya Menikahi Gadis

Hadits Muslim 2663

Apakah engkau telah menikah?
Saya menjawab; Ya. Beliau kembali bertanya: Dengan gadis ataukah janda?
Saya jawab; Dengan janda. Beliau lalu bersabda:
Kenapa kamu tak memilih gadis hingga kamu dapat bercumbu dengannya?
Syu'bah berkata; Kemudian saya mengemukakannya kepada 'Amru bin Dinar Lantas dia berkata; Saya telah mendengarnya dari Jabir?
Hanyasannya dia menyebutkan; Rasulullah bersabda:
Kenapa tak dgn anak gadis hingga kamu bisa mencuumbunya & dia mencumbumu? [HR. Muslim No.2663].

Hadits Muslim No.2663 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Muslim 2664

Kenapa tak dgn seorang gadis, agar kamu bisa bercumbu rayu dengannya & dia bisa bercumbu rayu denganmu?
-Atau beliau bersabda:
- Kamu bisa bersenda gurau dengannya & dia bisa bersenda gurau denganmu?
Dia (Jabir) berkata; Saya berkata; Sesungguhnya Abdullah (ayah Jabir) telah meninggal dunia dgn meninggalkan sembilan anak perempuan atau tujuh anak perempuan, & saya tak suka jika saya menikah dgn orang yg sepadan dgn mereka, namun saya lebih suka menikah dgn wanita yg bisa mengurus mereka & bisa membuat mereka baik. Maka Rasulullah bersabda kepadaku: Semoga Allah memberkahimu. atau beliau mendo'akan kebaikan kepadaku. Dan dalam riwayatnya Abu Rabi'; Agar kamu dapat mencumbunya & dia dapat mencumbumu atau kamu dapat bersenda gurau dengannya & dia dapat bersenda gurau denganmu. Dan telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Sufyan dari 'Amru dari Jabir bin Abdullah dia berkata; Rasulullah bersabda kepadaku; Wahai Jabir, apakah kamu telah menikah?
Kemudian dia meyebutkan hadits ini hingga perkataan Jabir; Seorang wanita yg dapat bisa mengurus mereka & menisir rambut mereka. Beliau bersabda:
Kamu benar. Dan dia tak menyebutkan setelahnya. [HR. Muslim No.2664].

Hadits Muslim No.2664 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Muslim 2665

Kenapa kamu tak memilih gadis hingga kamu bisa bercumbu dengannya & dia bercumbu denganmu?
Jabir berkata; Ketika kami sampai di Madinah, kami bersiap-siap masuk (rumah), tapi beliau bersabda:
Tangguhkanlah sampai kita masuk pada malam hari, agar para istri merapikan rambutnya & berhias terlebih dahulu. Jabir berkata; Dan beliau juga bersabda:
Dengan demikian, ketika kamu datang, istrimu benar-benar cantik. [HR. Muslim No.2665].

Hadits Muslim No.2665 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Muslim 2666

Kenapa tak yg masih gadis saja yg kamu nikahi, sehingga kamu bisa bercumbu rayu dengannya & dia bisa mencumbumu?
Saya menjawab; Sesungguhnya saya memiliki beberap saudara perempuan, & saya ingin menikahi seorang wanita yg dapat memelihara mereka, menyisiri rambut mereka & mengurus perkara mereka. Beliau bersabda:
Sesungguhnya kamu akan sampai, apabila kamu tiba maka berikanlah kesempatan istri agar berdandan! Kemudian beliau bersabda:
Apakah kamu akan menjual untamu?
Saya menjawab; Ya. Lantas beliau membelinya dariku dgn satu 'uqiyah. Saya tiba di Madinah di pagi hari setelah beliau tiba lebih dulu, saya mendatangi masjid, ternyata beliau sudah berada di pintu Masjid, beliau bersabda:
Apakah kamu baru sampai. Saya menjawab; Ya. beliau bersabda:
Tinggalkanlah untamu & masuklah ke dalam masjid untuk shalat dua raka'at. Jabir berkata; Lalu saya masuk masjid untuk mengerjakan shalat sunnah dua raka'at. Setelah itu saya kembali kepada beliau, lalu beliau menyuruh Bilal untuk menakar uang 'Uqiyah buatku, maka Bilal menakarnya & melibihkan dalam takarannya. Jabir berkata; Tatkala saya telah beranjak pergi, beliau memanggil: Panggilkan Jabir kepadaku. Lalu saya dipanggil, saya berkata; Ternyata sekarang unta tersebut justru akan beliau kembali lagi kepadaku, padahal tak ada sesuatu yg menjengkelkanku selain unta itu. Beliau bersabda:
Ambillah untamu & harganya juga untukmu. [HR. Muslim No.2666].

Hadits Muslim No.2666 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Muslim 2667

Kenapa kamu tak menikah saja dgn seorang gadis, hingga ia dapat mencandaimu & kamu dapat mencandainya, ia dapat mencumbumu & kamu dapat mencumbunya?
Abu Nadlrah berkata; Itu adl kalimat yg diucapkan oleh kaum Muslimin; Berbuatlah seperti ini & ini, semoga Allah mengampunimu. [HR. Muslim No.2667].

Hadits Muslim No.2667 Secara Lengkap

[[[]]]