Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Zakat Fitri

Hadits Tirmidzi 609

kami mengeluarkan zakat fitrah sebesar satu sha' dari makanan atau dari gandum, atau kurma, atau anggur kering, atau aqith, hal ini terus berlangsung sampai datangnya Mu'awiyah ke Madinah & berkhutbah di hadapan manusia, diantara isi khutbahnya, Saya berpendapat bahwa dua mud gandum syam sama dgn satu sha' kurma dalam zakat fithrah. kemudian manusia memilih pendapatnya Mu'awyah, namun saya tetap mengeluarkannya satu sha' seperti dahul. Abu 'Isa berkata, ini merupakan hadits hasan shahih & diamalkan oleh sebagian ulama seperti Syafi'i, Ahmad & Ishaq. Sebagian para ulama dari kalangan sahabat Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam & yg lainnya berpendapat bahwa setiap makanan (zakatnya) satu sha', kecuali gandum yg hanya setengah sha', ini adl perkataan Sufyan Ats Tsauri & Abdullah bin Al Mubarak & penduduk Kufah berpendapat bahwa zakat fitrah sebesar setengah sha' dari gandum. [HR. Tirmidzi No.609].

Hadits Tirmidzi No.609 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 610

bahwa zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap muslim baik itu laki-laki atau wanita, merdeka atau budak, tua atau muda, sebesar dua mud dari gandum atau satu sha' dari makanan selainnya. Abu 'Isa berkata, Ini adl hadits hasan gharib, & Umar bin Harun meriwayatkan hadits ini dari Ibnu Juraij, dia berkata dari Abbas bin Mina' dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam, maka dia menyebutkan sebagian hadits ini, telah menceritakan kepada kami Jarud, telah menceritakan kepada kami Umar bin Harun seperti hadits ini. [HR. Tirmidzi No.610].

Hadits Tirmidzi No.610 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 611

Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam telah mewajibkan untuk membayar zakat fitrah kepada setiap muslim laki-laki atau perempuan, orang yg merdeka atau hamba sahaya sebesar satu sha' dari karma atau gandum, dia (Ibnu Umar) berkata, kemudian manusia menakarnya dgn hanya membayar setengah sha' dari gandum. Abu 'Isa berkata, Ini merupakan hadits hasan shahih, dalam bab ini (ada juga riwayat -pent) dari Abu Sa'id, Ibnu Abbas & kakeknya Harits bin Abdurrahman bin Abu Dzubab, Tsa'labah bin Abu Su'air serta Abdullah bin Amru. [HR. Tirmidzi No.611].

Hadits Tirmidzi No.611 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 612

mewajibkan untuk membayar zakat fitrah pada bulan Ramadlan sebesar satu sha' dari kurma atau dari gandum atas setiap orang merdeka atau budak baik laki-laki maupun perempuan dari kaum muslimin. Abu 'Isa berkata, hadits Ibnu Umar adl hadits hasan shahih.
Malik meriwayatkan dari Nafi' dari Ibnu Umar dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam seperti hadits Ayyub dgn tambahan Dari kaum muslimin, Namun banyak perawi yg meriwayatkan hadits ini dari Nafi' tanpa kalimat Dari kaum muslimin. Oleh karena itu para ulama berselisih pendapat dalam masalah ini, sebagian dari mereka berkata, Jika seseorang memiliki budak-budak kafir maka tak wajib baginya membayar zakat fitrah mereka, ini adl pendapat Imam Malik, Syafi'i, & Ahmad. Dan sebagian yg lain berkata, wajibnya seseorang membayar zakat fitrah budak-budak mereka walaupun mereka dari kalangan non muslim, ini adl pendapat Imam Ats Tsauri, Ibnul Al Mubarak & Ishaq. [HR. Tirmidzi No.612].

Hadits Tirmidzi No.612 Secara Lengkap

[[[]]]