Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Hadits Amru Bin Abasah Radliyallahu Taala Anhu

Hadits Ahmad 16400

Jika kamu selesai shalat subuh, maka tahanlah sampai matahari terbit. Jika telah terbit, janganlah kamu shalat sampai meninggi, sesungguhnya matahari terbit ketika dua tanduk setan muncul. Saat itu orang-orang kafir sedang bersujud padanya. Jika matahari telah naik seukuran tombak atau dua tombak, maka shalatlah, sesungguhnya shalat saat itu disaksikan & dihadiri malaikat, sampai tombak & bayangannya sama. Lalu tahanlah shalat setelahnya, karena pada saat itu Jahanam sedang dinyalakan. Jika telah ada bayangannya maka shalatlah, sesungguhnya shalat saat itu disaksikan & dihadiri malaikat, sampai kamu shalat asar. Jika kamu telah shalat asar, maka janganlah shalat sampai matahari terbenam. Sesungguhnya matahari itu terbenam diantara dua tanduk setan, yg pada saat itu orang-orang kafir sedang sujud kepadanya. [HR. Ahmad No.16400].

Hadits Ahmad No.16400 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16401

Barangsiapa mengikat perjanjian dgn suatu kaum, maka tak boleh melepasnya, & tak boleh menariknya hingga selesai batas waktunya, atau keduanya sama-sama membatalkan. Kata-kata ini sampai ke telinga Mu'awiyah, dia pun kembali. Orang yg sudah tua itu adl 'Amru bin 'Abasah. [HR. Ahmad No.16401].

Hadits Ahmad No.16401 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16402

Agar kamu menyambung silaturrahim, melindungi darah, mengamankan jalan, berhala dihancurkan, Allah semata yg disembah & tak ada sekutu bagi-Nya sesuatupun. Saya berkata; Sangat bagus risalah yg karenanya kau diutus. Saya bersaksi sesungguhnya saya beriman kepadamu, & saya mempercayaimu, apakah saya harus tinggal bersamamu atau bagaimana pendapatmu?
Maka beliau bersabda:
Kamu telah melihat kebencian orang-orang atas apa yg saya bawa, maka tinggallah di keluargamu. Jika suatu hari nanti kamu mendengarku & saya telah keluar dari tempat persembunyianku, datangilah saya, lalu dia menyebutkan hadits secara lengkap. [HR. Ahmad No.16402].

Hadits Ahmad No.16402 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16403

berkumur & memasukkan air ke dalam hidung pada bulan Ramadlan. [HR. Ahmad No.16403].

Hadits Ahmad No.16403 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16404

apakah pada waktu itu ada satu waktu yg lebih utama dari yg lainnya?
Beliau bersabda:
Pertengahan malam yg terakhir itu adl yg paling utama, karena pada saat itu disaksikan malaikat & dikabulkan sampai kamu shalat fajar. Kemudian tinggalkanlah sampai matahari terbit, sebagaimana tameng, sampai dia tersebar, karena saat itu sedang terbit diantara dua tanduk setan & orang-orang kafir sedang bersujud kepadanya, lalu shalatlah karena disaksikan & dikabulkan sampai keadaan tiang sama dgn bayangannya, lalu tinggalkanlah, karena pada saat itu neraka Jahim sedang dinyalakan. Jika telah bergeser, shalatlah, sesungguhnya shalat ketika itu disaksikan malaikat & dikabulkan sampai kamu shalat ashar, lalu janganlah kau lakukan sampai matahari tenggelam, sesungguhnya saat itu sedang berada pada dua tanduk setan & orang-orang kafir sujud kepadanya. 'Amr bin 'Abasah berkata; saya adl rubu' Islam (seperempat) & Abdurrahman shalat setelah asar dua rekaat. [HR. Ahmad No.16404].

Hadits Ahmad No.16404 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16405

Jika kamu melaksanakan shalat subuh, maka tinggalkanlah shalat sampai matahari terbit. Jika matahari telah terbit, janganlah shalat sampai naik, karena saat itu terbit diantara dua tanduk setan & pada saat itu orang-orang kafir sedang bersujud kepadanya. Jika telah naik seukuran satu atau dua tombak, shalatlah! Sesungguhnya shalat itu disaksikan & dihadiri, sampai keadaan tiang sama dgn bayangannya, lalu tinggalkanlah shalat, karena pada saat itu neraka Jahanam sedang dinyalakan. Jika telah bergeser, shalatlah sesungguhnya disaksikan & dihadiri sehingga kamu shalat asar. Jika kamu telah shalat asar, lalu tahanlah shalat sampai matahari tenggelam, sesungguhnya matahari tenggelam antara dua tanduk setan & pada saat itu orang-orang kafir sujud kepadanya. Saya berkata; Wahai Nabiyullah kabarkan kepadaku tentang wudlu?
Beliau bersabda:
Tidak salah seorang di antara kalian yg membaguskan wudlunya lalu dia berkumur & ber-istinsaq (memasukkan air ke dalam hidung) & mengeluarkan kembali kecuali akan keluar kesalahannya dari mulutnya & hidungnya bersama air ketika dia mengeluarkannya, lalu dia mencuci wajahnya sebagaimana yg telah Allah Ta'ala perintahkan, kecuali akan keluar kesalahan wajahnya dari ujung jenggotnya. Lalu dia mencuci kedua tangannya sampai pada kedua sikunya, kecuali akan keluar kesalahan kedua tangannya dari ujung jarinya. Lalu dia mengusap kepalanya, kecuali akan keluar dari kesalahan kepalanya dari ujung rambutnya. Kemudian dia mencuci kedua kakinya, sampai ke dua matakakinya sebagaimana yg Allah Azzawajalla perintahkan kepadanya, kecuali akan keluar kesalahan kedua kakinya dari ujung jari-jarinya bersama air, lalu dia berdiri & memuji Allah Azzawajalla dgn sesuai yg memang menjadi kewajiban baginya, lalu dia shalat dua kali kecuali akan keluar dari dosanya sebagaimana keadaan saat dia dilahirkan oleh ibunya. Abu Umamah berkata; Wahai 'Amr bin 'Abasah, lihatlah apa yg kamu katakan, apakah kamu telah mendengatnya dari Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam, apakah orang ini diberi semuanya pada kedudukannya. (Abu Umamah RA) berkata; 'Amr bin 'Abasah berkata; 'Wahai Abu Umamah, sungguh saya telah tua, tulangku telah lemah, ajalku telah mendekat & saya tak ada keperluan untuk berdusta atas Allah Azzawajalla & Rasul-Nya. Bahkan saya mendengarnya dari Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam tak sekali, dua kali atau tiga kali, sungguh saya telah mendengarnya tujuh kali atau lebih dari itu'. [HR. Ahmad No.16405].

Hadits Ahmad No.16405 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16406

Barangsiapa membebaskan seorang budak muslim, maka dari setiap anggota tubuh budak itu akan membebaskannya dari neraka. Barangsiapa yg beruban di jalan Allah, maka dia akan mendapatkan cahaya pada Hari Kiamat. Barangsiapa yg melempar dgn satu panah lalu sampai & tepat sasarannya atau meleset, maka sebagaimana orang yg membebaskan budak dari anak Isma'il. [HR. Ahmad No.16406].

Hadits Ahmad No.16406 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16407

Jika seorang muslim berwudlu, niscaya dosa akan hilang dari pendengarannya, penglihatannya, kedua tangannya & kedua kakinya. Lalu Abu Zhabiyah datang & dia menceritakan kepada kami, lalu berkata; 'Apa yg telah dia sampaikan kepada kalian?
', lalu kami sampaikan apa yg telah disampaikan kepada kami.Lalu dia berkata; 'ya. Saya telah mendengar 'Amr bin 'Abasah menyebutkannya, dari Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam & menambahkan di dalamnya, berkata Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam bersabda:
'Tidaklah seorang laki-laki yg bermalam dalam keadaan suci, lalu dia bangun dari malamnya, lalu dia berdzikir & meminta kepada Allah Azzawajalla kebaikan dari kebaikan dunia & akhirat, kecuali Allah Azzawajalla memberikan kepadanya. [HR. Ahmad No.16407].

Hadits Ahmad No.16407 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16408

Barangsiapa melemparkan satu panah, dia mendapatkan satu derajat di surga. (Abu Najih As-Sulami radliyallahu'anhu) berkata; Maka pada saat itu saya melemparkan enam belas panah, lalu saya mendengar Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam bersabda:
'Barangsiapa melempar satu panah di jalan Allah Azzawajalla, maka setara dgn membebaskan seorang budak', barangsiapa yg beruban satu uban di jalan Allah, dia mendapatkan cahaya pada Hari Kiamat. Setiap orang muslim yg membebaskan seorang budak laki-laki muslim, Allah Azzawajalla akan membebaskan tiap-tiap anggota badannya dari neraka lantaran tiap anggota badan budak yg dibebaskan. Dan setiap wanita muslimah yg membebaskan seorang budak wanita muslim, Allah Azzawajalla membebaskan tiap-tiap anggota badannya dari neraka lantaran tiap anggota badan budak muslimah yg dibebaskan. [HR. Ahmad No.16408].

Hadits Ahmad No.16408 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16409

Muslim siapa saja yg melempar dgn satu panah di jalan Allah Azzawajalla, lalu mengenai sasarannya atau meleset, maka baginya pahala sebagaimana dia membebaskan budak dari anak Isma'il. [HR. Ahmad No.16409].

Hadits Ahmad No.16409 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16410

Barangsiapa membebaskan seorang budak, niscaya Allah akan membebaskan anggota tubuhnya dari neraka lantaran setiap anggota tubuh budak yg dimerdekakannya. Barangsiapa yg melempar dgn satu panah di jalan Allah, lalu mengenai sasarannya atau meleset, menyamai membebaskan budak. Barangsiapa yg beruban satu uban saja di jalan Allah, dia mendapatkan cahaya pada Hari Kiamat. [HR. Ahmad No.16410].

Hadits Ahmad No.16410 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16411

Barangsiapa yg mengikat perjanjian dgn suatu kaum, ia tak boleh melepasnya, atau menarik janjinya sampai perjanjian itu habis atau keduanya sama-sama membatalkannya. Lalu Mu'awiyah Radliyallahu'anhu kembali. [HR. Ahmad No.16411].

Hadits Ahmad No.16411 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16412

Apakah ada suatu waktu yg lebih dekat kepada Allah daripada yg lainnya?
Beliau bersabda:
Shalatlah pada pertengahan malam yg terakhir sampai kamu shalat subuh, kemudian tinggalkanlah sampai matahari terbit, tinggalkanlah shalat itu selama matahari masih seperti perisai, sampai matahari itu menyebar, Lalu shalatlah sampai pada keadaan tiang-tiang sama dgn bayangannya, lalu tinggalkanlah sampai matahari bergeser. Sesungguhnya Jahannam dinyalakan pada pertengahan siang, lalu shalatlah pada waktu yg ada sampai kamu shalat asar. Lalu janganlah kau shalat sampai matahari tenggelam, sesungguhnya matahari itu tenggelam pada dua tanduk setan & dan muncul antara dua tanduk setan. Sesungguhnya seorang hamba jika dia berwudlu lalu dia mencuci kedua tangannya maka keluar kesalahannya dari antara kedua tangannya. Jika dia mencuci wajahnya maka kesalahannya jatuh dari wajahnya. Jika mencuci kedua tangannya & mengusap kepalanya maka kesalahannya jatuh dari kedua tanganya & kepalanya. Jika mencuci kedua kakinya maka akan terjatuhlah kesalahannya dari kedua kakinya. Jika bangkit untuk shalat, maka dia, hatinya & wajahnya, atau semuanya menghadapkan wajah kepada Allah Azzawajalla, alhasil dia meninggalkan shalat dalam keadaan sebagaimana saat ibunya melahirkannya. Abu Umamah Radliyallahu'anhu) berkata; ada yg bertanya kepadanya, Apakah kamu telah mendengar hal ini dari Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam?. dia menjawab, Kalau saja saya tak mendengarnya sekali atau dua kali, atau, Sepuluh atau dua puluh kali, niscaya saya tak menceritakannya. [HR. Ahmad No.16412].

Hadits Ahmad No.16412 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16413

Kamu menyerahkan hatimu kepada Allah Azzawajalla & orang muslim selamat dari lidah & tanganmu. Dia bertanya, Islam manakah yg paling utama?
Beliau menjawab, Iman. Dia bertanya, Apa maksud iman?
Beliau bersabda:
Kamu beriman kepada Allah, para Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya & kebangkitan setelah mati. Dia bertanya lagi, Iman apa yg paling utama?
beliau bersabda:
Hijrah. dia bertanya, Apa maksud hijrah itu?
beliau bersabda:
Kamu meninggalkan kejelekan. Dia bertanya, Hijrah apa yg paling utama?. Beliau menjawab, Jihad. Dia bertanya, Apakah jihad itu?
beliau bersabda:
Kamu memerangi orang kafir jika kamu menemui mereka. dia bertanya, Jihad apa yg paling utama?
beliau menjawab, Barangsiapa yg kudanya disembelih & darahnya ditumpahkan. Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam bersabda:
Ada dua amalan yg kedua amalan itu adl paling utama kecuali orang itu melakukan amalan semisal, haji mabrur atau umrah. [HR. Ahmad No.16413].

Hadits Ahmad No.16413 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 16414

siapa yg bersama anda dalam urusan ini?
Beliau bersabda:
Ada orang merdeka & budak, beliau saat itu sedang bersama Abu Bakar & Bilal. Lalu bersabda kepadanya, Pulanglah kepada kaummu sampai Allah Azzawajalla memberi kekuasaan kepada Rasul-Nya. (Abdurrahman bin Al Bailamani Radliyallahu'anhu) berkata; 'Amr bin 'Abasah berkata; Saya adl orang keempat masuk Islam. [HR. Ahmad No.16414].

Hadits Ahmad No.16414 Secara Lengkap

[[[]]]

Musnad Penduduk Syam