Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Diantara Surat Albaqarah

Hadits Tirmidzi 2879

Sesungguhnya Allah Ta'ala menciptakan Adam dari genggaman yg di ambil dari seluruh bumi, lalu anak keturunan Adam datang sesuai dgn kadar bumi (tanah), di antara mereka ada yg (berkulit) merah, putih, hitam. Dan diantaranya pula ada yg ramah, sedih, keji & baik. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2879].

Hadits Tirmidzi No.2879 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2880

Mereka masuk dalam keadaan merangkak di atas pangkal paha, artinya membelot. [HR. Tirmidzi No.2880].

Hadits Tirmidzi No.2880 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2881

Lalu orang-orang yg zhalim mengganti perintah dgn (mengerjakan) yg tak diperintahkan kepada mereka. QS Al-Baqarah: 59, Beliau bersabda:
Mereka berkata; biji dalam rambut. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2881].

Hadits Tirmidzi No.2881 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2882

Kami bersama Nabi dalam suatu perjalanan di malam yg gelap, kami tak tahu mana kiblat, masing-masing dari kami shalat menghadap sesuai arahnya. Di pagi harinya, kami menceritakan hal itu kepada Nabi , lalu turunlah ayat: Maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. QS Al-Baqarah: 115 [HR. Tirmidzi No.2882].

Hadits Tirmidzi No.2882 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2883

Nabi pernah shalat sunnah di atas kendaraan beliau kemana pun kendaraan beliau menghadap, ketika itu beliau pergi dari Makkah menuju Madinah. Setelah itu Ibnu Umar membaca ayat ini: Dan kepunyaan Allah-lah timur & barat. QS Al-Baqarah: 115. Ibnu Umar berkata; Berkenaan dgn peristiwa itulah, ayat ini turun. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Diriwayatkan dari Qatadah, ia berkata tentang ayat ini: Dan kepunyaan Allah-lah timur & barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. QS Al-Baqarah: 115 Qatadah berkata; Ayat ini mansukhah, dinasakh dgn firman Allah, Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. QS Al-Baqarah: 144 yaitu arahnya. Telah menceritakan kepada kami yg demikian itu Muhammad bin Abdul Malik bin Abu Asy Syawarib, telah menceritakan kepada kami Yazid bin Zurai' dari Sa'id dari Qatadah. Dan diriwayatkan pula dari Mujahid tentang ayat ini: Maka kemanapun kamu menghadap, di situlah wajah Allah. QS Al-Baqarah: 115, ia berkata; Di sanalah kiblat Allah. Telah menceritakan kepada kami seperti itu Muhammad bin Al Ala` telah menceritakan kepada kami Waki' dari An Nadlr bin Arabi dari Mujahid seperti itu. [HR. Tirmidzi No.2883].

Hadits Tirmidzi No.2883 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2884

Wahai Rasulullah, alangkah baiknya jika kita shalat di belakang maqam. Kemudian turunlah ayat: Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. QS Al-Baqarah: 125, Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2884].

Hadits Tirmidzi No.2884 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2885

Andai anda menjadikan sebagaian maqam untuk tempat shalat. Kemudian turunlah ayat: Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. QS Al-Baqarah: 125. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Dalam hal ini, ada hadits serupa dari Ibnu Umar. [HR. Tirmidzi No.2885].

Hadits Tirmidzi No.2885 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2886

Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yg adil & pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia. QS Al-Baqarah: 143, beliau bersabda:
Adil. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2886].

Hadits Tirmidzi No.2886 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2887

Nuh dipanaggil lalu ditanya; Apakah telah kau sampaikan?
Nuh menjawab: Ya. Lalu kaumnya dipanggil kemudian ditanya; Apakah dia telah menyampaikan pada kalian?
Mereka menjawab; Tidak ada pemberi peringatan yg mendatangi kami & tak ada seorang pun yg mendatangi kami. Nuh ditanya; Siapa saksi-saksimu?
Nuh menjawab; Muhammad & ummatnya. Beliau melanjutkan sabdanya: Lalu kalian didatangkan, kalian bersaksi bahwa Nuh telah menyampaikan, itulah maksud firman Allah Ta'ala: 'Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yg adil & pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia & agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu.' QS Al-Baqarah: 143, & wasath maknanya adl adil. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami Ja'far bin 'Aun dari Al A'masy seperti di atas. [HR. Tirmidzi No.2887].

Hadits Tirmidzi No.2887 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2888

beliau shalat menghadap ke Baitul Maqdis selama enam belas atau tujuh belas bulan, namun Rasulullah ingin menghadap ka'bah, maka Allah menurunkan ayat: Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh kami akan memalingkan kamu ke kiblat yg kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. QS Al-Baqarah: 144. Kemudian beliau menghadapkan mukanya ke arah Ka'bah, & beliau sangat menyukainya, lalu seseorang shalat ashar bersama beliau. Setelah itu ia melintasi suatu kaum dari sahabat Anshar, mereka tengah ruku' dalam shalat ashar sambil menghadap Baitul Maqdis. Barra` berkata; Sahabat tersebut bersaksi bahwa ia pernah shalat ashar bersama Rasulullah & beliau telah dihadapkan ke Ka'bah. Barra` berkata; Mereka pun mengalihkan wajahnya dalam keadaan ruku'. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Sufyan Ats Tsauri juga meriwayatkannya dari Abu Ishaq. [HR. Tirmidzi No.2888].

Hadits Tirmidzi No.2888 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2889

Orang-orang tengah ruku' dalam shalat fajar. Dalam hal ini ada hadits serupa dari 'Amru bin Auf Al Muzanni, Ibnu Umar, 'Umarah bin Aus & Anas bin Malik. Abu Isa berkata; Hadits Ibnu Umar hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2889].

Hadits Tirmidzi No.2889 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2890

Saat Nabi dialihkan ke arah Ka'bah, orang-orang berkata; Wahai Rasulullah, bagaimana dgn saudara-saudara kami yg telah meninggal, sementara mereka shalat menghadap Baitul Maqdis?
Maka turunlah ayat: Dan Allah tidaklah menyia-nyiakan keimananmu. QS Al-Baqarah: 143. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2890].

Hadits Tirmidzi No.2890 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2891

Rasulullah telah melakukan sa'i & juga kaum muslimin, sesungguhnya orang yg bertalbiyah untuk Manat sang thaghut yg ada di Musyallil (tempat antara Makah & Madinah yg banyak airnya) itulah yg tak mengerjakan sa'i antara Shafa & Marwah. Lalu Allah Tabaraka wa Ta'ala menurunkan ayat: Maka barangsiapa beribadah haji ke Baitullah atau ber'umrah, maka tak ada dosa baginya mengerjakan sa'i antara keduanya. QS Al-Baqarah: 158. andai seperti yg kau katakana, tentu ayatnya: Maka tak ada dosa baginya tak mengerjakan sa'i antara keduanya. Az Zuhri berkata; Aku menyebutkan hal itu kepada Abu Bakar bin Abdurrahman bin Al Harits bin Hisyam, ternyata hal itu membuatnya heran, ia berkata; Ini adl ilmu, & aku pernah mendengar beberapa ulama berkata; Yang tak sa'i antara Shafa & Marwah dari kalangan Arab mengatakan, bahwa thawaf kami antara Shafa & Marwah termasuk perkara jahiliyah. Sementara yg lain, dari Anshar berkata; Kami hanya diperintahkan berthawaf di Baitullah & kami tak diperintahkan berthawaf antara Shafa & Marwah, kemudian Allah Ta'ala menurunkan ayat: Sesungguhnya Shafaa & Marwa adl sebahagian dari syi'ar Allah. QS Al-Baqarah: 158. Abu Bakar bin Abdurrahman berkata; Menurutku, ayat ini turun berkenaan dgn mereka & mereka. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2891].

Hadits Tirmidzi No.2891 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2892

Keduanya termasuk syi'ar jahiliyah. Saat Islam datang, kami menahan diri dari keduanya, namun Allah Tabaraka wa Ta'ala menurunkan ayat: Sesungguhnya Shafaa & Marwa adl sebahagian dari syi'ar Allah. Maka barangsiapa yg beribadah haji ke Baitullah atau ber'umrah, maka tak ada dosa baginya mengerjakan sa'i antara keduanya. QS Al-Baqarah: 158, ia berkata; Keduanya sunnah.Dan barangsiapa yg mengerjakan suatu kebajikan dgn kerelaan hati, maka Sesungguhnya Allah Maha mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2892].

Hadits Tirmidzi No.2892 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2893

Kita memulai seperti yg dimulai Allah. Beliau membaca: Sesungguhnya Shafaa & Marwa adl sebahagian dari syi'ar Allah. QS Al-Baqarah: 158. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2893].

Hadits Tirmidzi No.2893 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2894

Apabila seorang sahabat Nabi puasa, & waktu berbuka telah tiba, namun ia tertidur sebelum berbuka, maka ia tak makan di malam harinya & di siang harinya hingga sore hari, sesungguhnya Qais bin Shirmah Al Anshari puasa, di saat waktu berbuka tiba, ia mendatangi istrinya lalu bertanya; Apa kamu punya makanan?
Istrinya menjawab: Tidak, namun aku akan pergi mencarikan makanan untukmu. Qais bekerja sepanjang hari, lalu ia tertidur, kemudian istrinya datang, saat melihatnya, istrinya berkata; Kerugian bagimu. Pada pertengahan siang, ia pingsan kemudian hal itu diceritakan kepada Nabi lalu turunlah ayat: Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dgn isteri-isteri kamu -orang-orang pun sangat gembira sekali- Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. QS Al-Baqarah: 187. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2894].

Hadits Tirmidzi No.2894 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2895

Do'a adl ibadah beliau lalu membaca: WA QAALA RABBUKUM UD 'UUNII ASTAJIB LAKUM (Dan Rabbmu berfirman: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu) sampai ayat DAAKHIRIIN. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2895].

Hadits Tirmidzi No.2895 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2896

Sesungguhnya itu adl terangnya siang dari gelapnya malam. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' telah menceritakan kepada kami Husyaim telah menceritakan kepada kami Mujalid dari Asy Sya'bi dari Adi bin Hatim dari Nabi seperti itu. [HR. Tirmidzi No.2896].

Hadits Tirmidzi No.2896 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2897

Hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. QS Al-Baqarah: 187. Adi berkata; Lalu aku membuat dua pengikat kepala, salah satunya putih & lainnya hitam, lalu aku melihat keduanya, setelah itu Rasulullah mengatakan sesuatu padaku. Namun Sufyan tak menghafalnya, Beliau bersabda:
Sesungguhnya itu adl malam & siang. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2897].

Hadits Tirmidzi No.2897 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2898

ketika Allah memuliakan kami dgn Islam & banyak penolongnya, kemudian sebagian dari kami berbisik kepada yg lain tanpa diketahui oleh Rasulullah , yaitu; Sesungguhnya harta-harta kita telah hilang & sesungguhnya Allah telah memuliakan Islam & banyak penolongnya, bagaimana jika kita mengurusi harta kita & memperbaiki yg hilang, maka Allah menurunkan ayat kepada NabiNya sebagai jawaban kepada kami atas apa yg telah kami katakan: Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, & janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan. QS Al-Baqarah: 195. At Tahlukah dalam ayat ini maksudnya Al Iqamah (menetap) mengurusi masalah harta & memperbaikinya, kemudian kita meninggalkan perang. Abu Ayyub terus menerus maju bergerak berjihad di jalan Allah sampai ia di kebumikan di bumi Romawi. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih gharib. [HR. Tirmidzi No.2898].

Hadits Tirmidzi No.2898 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2899

Sepertinya kutu-kutu di kepalamu mengganggumu. Aku menjawab; Benar. Beliau bersabda:
Cukurlah. Lalu turunlah ayat ini. Mujahid mengatakan; Puasa tiga hari, memberi makanan untuk enam orang miskin & menyembelih seekor kambing atau lebih. Telah menceritakan kepada kami Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami Husyaim dari Abu Bisyr dari Mujahid dari Abdurraman bin Abu Laila dari Ka'ab bin 'Ujrah dari Nabi seperti itu. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Telah menceritakan kepada kami Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami Husyaim dari Asy'ats bin Sawwar dari Asy Sya'bi dari Abdullah bin Ma'qil dari Ka'ab bin 'Ujrah dari Nabi seperti itu. Abu Isa berkata; Hadits ini juga hasan shahih.
Abdurrahman bin Al Ashbahani juga meriwayatkannya dari Abdullah bin Ma'qil seperti itu. [HR. Tirmidzi No.2899].

Hadits Tirmidzi No.2899 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2900

Apakah kutu di kepalamu mengganggumu?
aku menjawab; Benar. Beliau bersabda:
Cukurlah & sembelihlah seekor hewan kurban atau puasalah tiga hari atau berilah makanan untuk enam orang miskin. Ayyub berkata; Aku tak tahu, Ka'ab memulai yg mana. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2900].

Hadits Tirmidzi No.2900 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2901

Haji itu (wuquf di) arafah, haji itu (wuquf di) arafah, haji itu (wuquf di) arafah, & tiga hari di Mina, barangsiapa ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, Maka tiada dosa baginya, & barangsiapa yg ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tak ada dosa pula baginya QS Al-Baqarah: 203. Dan barangsiapa menjumpai Arafah sebelum terbit fajar, berarti ia menjumpai haji. Ibnu Umar berkata; Sufyan bin 'Uyainah mengatakan; Ini adl hadits terbaik yg diriwayatkan oleh Ats Tsauri. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Syu'bah juga meriwayatkannya dari Bukair bin Atha`, kami hanya mengetahuinya dari hadits Bukair bin Atha`. [HR. Tirmidzi No.2901].

Hadits Tirmidzi No.2901 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2902

Orang yg paling dibenci Allah adl yg menentang lagi keras. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan. [HR. Tirmidzi No.2902].

Hadits Tirmidzi No.2902 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2903

setelah itu Rasulullah memerintahkan mereka untuk memberi makan, minum & agar bersama-sama berada di rumah, serta melakukan apa pun kecuali berhubungan badan. Lantas orang-orang Yahudi berkata; Muhammad tak ingin membiarkan sedikit pun dari urusan kami melainkan pasti menyelisihi kami. Anas berkata; Setelah itu 'Abbad bin Bisyr & Usaid bin Hudlair datang menemui Rasulullah , keduanya pun memberitahukan hal itu pada beliau, keduanya berkata; Wahai Rasulullah, apakah kami tak menggaulinya saat haid?
Wajah Rasulullah berubah hingga kami mengira beliau marah pada keduanya, keduanya berdiri, lalu beliau diberi hadiah berupa susu, setelah itu Rasulullah mengirim utusan untuk menemui keduanya, & memberi minum kepada keduanya, keduanya tahu bahwa beliau tak marah. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdul A'la telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Mahdi dari Hamad bin Salamah dari Tsabit dari Anas semakna dgn hadits di atas. [HR. Tirmidzi No.2903].

Hadits Tirmidzi No.2903 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2904

Orang-orang Yahudi berkata; Barangsiapa menggauli istrinya di kemaluannya dari belakang, maka anaknya akan juling. Lalu turunlah ayat: Isteri-isterimu adl (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, Maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. QS Al-Baqarah: 223. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2904].

Hadits Tirmidzi No.2904 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2905

tentang firman Allah: Isteri-isterimu adl (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, Maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. QS Al-Baqarah: 223 yaitu shimam wahid (satu lubang). Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Ibnu Khutsaim adl Abdullah bin Utsman bin Khutsaim, sedangkan Ibnu Sabith adl Abdurrahman bin Abdullah bin Sabith Al Jumahi Al Makki & Hafshah adl putri Abdurrahman bin Abu Bakar Ash Shiddiq. Diriwayatkan juga dgn redaksi: Simam wahid (satu lubang). [HR. Tirmidzi No.2905].

Hadits Tirmidzi No.2905 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2906

Apa yg membinaskanmu?
Umar berkata; Aku mengalihkan tungganganku tadi malam. Namun Rasulullah tak menanggapi apa pun, kemudian turunlah ayat: Isteri-isterimu adl (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, Maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. QS Al-Baqarah: 223, menghadaplah ke depan atau belakang, & jauhi dubur & haid. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan gharib. Ya'qub bin Abdullah Al Asy'ari adl Ya'qub Al Qummi. [HR. Tirmidzi No.2906].

Hadits Tirmidzi No.2906 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2907

dia menikahkan saudarinya dgn seorang lelaki dari kaum muslimin, lalu saudarinya tinggal bersama suaminya beberapa waktu, setelah itu dia menceraikannya begitu saja, ketika masa Iddahnya usai, ternyata suaminya merindukannya begitu sebaliknya, istrinya merindukannya, kemudian dia meminangnya kembali bersama orang-orang yg meminang, maka Ma'qil berkata kepadanya; Wahai orang yg pandir, aku telah memuliakanmu dengannya & aku telah menikahkannya denganmu, lalu kamu menceraikannya, demi Allah dia tak akan kembali lagi kepadamu untuk selamanya, inilah akhir kesempatanmu. Perawi berkata; Kemudian Allah mengetahui kebutuhan suami kepada istrinya & kebutuhan isteri kepada suaminya hingga Allah Tabaraka wa Ta'ala menurunkan ayat: Apabila kamu mentalak isteri-isterimu, lalu mereka mendekati akhir iddahnya. QS Al-Baqarah: 231 sampai ayat Sedang kamu tak Mengetahui. Ketika Ma'qil mendengar ayat ini, dia berkata; Aku mendengar & patuh kepada Rabbku, lalu dia memanggilnya (suami saudarinya) & berkata; Aku nikahkan kamu & aku muliakan kamu. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih, & telah diriwayatkan dari beberapa jalur dari Al Hasan, padahal hadits dari Al Hasan adl gharib, hadits ini menunjukkan bahwa tak boleh menikah tanpa wali, karena saudari Ma'qil bin Yasar sudah Janda, seandainya perkaranya diserahkan kepadanya (saudaranya) tanpa melalui walinya sudah pasti dia akan menikahkan dirinya sendiri & tak butuh lagi kepada walinya, yaitu Ma'qil bin Yasar, ayat ini Allah memaksudkan kepada para wali sebagaimana firmanNya: Maka janganlah kamu (para wali) menghalangi mereka kawin lagi dgn bakal suaminya. QS Al Baqarah: 232. Ayat ini sebagai dalil bahwa pernikahan wanita diserahkan kepada para walinya dgn disertai kerelaannya. [HR. Tirmidzi No.2907].

Hadits Tirmidzi No.2907 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2908

Bila kau sudah sampai ayat ini, beritahukan padaku: Peliharalah semua shalat(mu), & (peliharalah) shalat wustha. QS Al Baqarah: 238. Saat aku sampai di ayat ini, aku memberitahukan padanya, lalu ia mendikte saya: Peliharalah semua shalat(mu), (peliharalah) shalat wusthaa & shalat ashar, berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dgn khusyu'. 'Aisyah berkata; Aku telah mendengarnya dari Rasulullah . Dalam hal ini, ada hadits serupa dari Hafshah. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2908].

Hadits Tirmidzi No.2908 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2909

Shalat wusthaa adl shalat Ashar. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2909].

Hadits Tirmidzi No.2909 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2910

Ya Allah, penuhilah kuburan & rumah mereka dgn api, sebagaimana mereka telah menyibukkan kami dari shalat wusthaa hingga matahari terbenam. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Dan diriwayatkan pula melalui sanad lain dari Ali. Abu Hassan Al A'raj namanya adl Muslim. [HR. Tirmidzi No.2910].

Hadits Tirmidzi No.2910 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2911

Shalat wusthaa adl shalat Ashar. Dalam hal ini, ada hadits serupa dari Zaid bin Tsabit, Abu Hasyim bin 'Utbah & Abu Hurairah. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.2911].

Hadits Tirmidzi No.2911 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2912

Dulu, di masa Rasulullah , kami bisa berbincang-bincang ketika sedang shalat, lalu turunlah ayat: Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dgn khusyu'. QS Al Baqarah: 238. Lalu beliau memerintahkan kami diam. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' telah menceritakan kepada kami Husyaim telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Abu Khalid seperti hadits tersebut, & ia menambahkan; Dan kami dilarang berbicara. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Abu 'Amru Asy Syaibani namanya adl Sa'd bin Iyas. [HR. Tirmidzi No.2912].

Hadits Tirmidzi No.2912 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2913

Dan janganlah kamu memilih yg buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya. QS Al Baqarah: 267, Al Barra` berkata; Ayat ini turun kepada kami wahai orang-orang Anshar, dahulu kami adl pemilik kurma, setiap orang datang membawa hasil kurmanya sesuai banyak sedikitnya, seseorang datang membawa setangkai atau dua tangkai lalu menggantungkannya di masjid, sementara penghuni halaman masjid (ahlush shuffah) tak memiliki makanan, jika salah seorang dari mereka merasa lapar, mereka datang ke tangkai-tangkai kurma & memukulnya dgn tongkat hingga busr (kurma muda) & kurma berjatuhan, lalu mereka memakannya, sedangkan orang-orang yg tak menghendaki kebaikan, datang dgn membawa satu tangkai kurma yg keras lagi jelek & satu tangkai yg sudah rusak, kemudian digantungkan di masjid, maka Allah Tabaraka wa Ta'ala menurunkan ayat: Hai orang-orang yg beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yg baik-baik & sebagian dari apa yg kami keluarkan dari bumi untuk kamu. & janganlah kamu memilih yg buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tak mau mengambilnya melainkan dgn memincingkan mata terhadapnya. QS Al Baqarah: 267. Rasulullah bersabda:
Seandainya salah seorang dari kalian diberi seperti yg di berikan kepada orang lain, niscaya dia tak akan mengambilnya kecuali dgn memejamkan matanya atau dgn rasa malu, Al Barra` berkata; Setelah itu, setiap orang dari kami datang dgn membawa kurma paling bagus yg ia miliki. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan gharib shahih. Abu Malik adl Al Ghifari (dari penduduk Ghifar) & dinamakan juga Ghazwan. Sufyan Ats Tsauri telah meriwayatkan sebagian hadits ini dari As Suddi. [HR. Tirmidzi No.2913].

Hadits Tirmidzi No.2913 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2914

Sesunguhnya setan memiliki bisikan was-was kepada anak cucu Adam, & Malaikatpun memiliki bisikan, adapun bisikan setan selalu menjanjikan kejahatan & mendustakan kebenaran, sedangkan bisikan para Malaikat selalu menjanjikan kebaikan & membenarkan kebenaran, barangsiapa mendapatkan demikian (bisikan malaikat) maka ketahuilah, sesungguhnya itu dari Allah & memujilah kepada Allah, namun barangsiapa mendapatkan yg lainnya (bisikan syetan), maka berlindunglah kepada Allah dari setan yg terkutuk & bacalah ayat: Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dgn kemiskinan & menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir). QS Al Baqarah: 268. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan gharib, dia adl hadits Abul Ahwas, kami tak mengetahuinya marfu' kecuali dari hadits Abul Ahwas. [HR. Tirmidzi No.2914].

Hadits Tirmidzi No.2914 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2915

sesungguhnya Allah Maha Baik & hanya menerima yg baik, sesungguhnya Allah memerintahkan kaum mukminin seperti yg diperintahkan kepada para rasul, Dia berfirman: Wahai para rasul, Makanlah dari yg baik-baik & berbuatlah kebaikan, sesungguhnya Aku mengetahui yg kalian lakukan. Dia juga berfirman: Hai orang-orang yg beriman, makanlah yg baik-baik dari rizki yg Ku berikan padamu. Lalu beliau menyebutkan tentang orang yg memperlama perjalanannya, rambutnya acak-acakan & berdebu, ia membentangkan tangannya ke langit sambil berdo'a; Ya Rabb, ya Rabbi, sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram & diliputi dgn yg haram, lalu bagaimana akan dikabulkan do'anya. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan gharib. Kami hanya mengetahuinya dari hadits Fudlail bin Marzuq. Abu Hazim adl Al Asyja'i, namanya adl Salman, bekas budak 'Azzah Al Asyja'i. [HR. Tirmidzi No.2915].

Hadits Tirmidzi No.2915 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2916

Jika kamu melahirkan apa yg ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dgn kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yg dikehandaki-Nya & menyiksa siapa yg dikehendakiNya. QS Al-Baqarah: 284, ayat ini membuat kami sedih. Ali melanjutkan; Kami berkata; Salah seorang di antara kami berbisik pada dirinya lalu memperhitungkannya, kami tak tahu mana yg diampuni & mana yg tak diampuni, setelah itu, turunlah ayat ini & menasakhnya: Allah tak membebani seseorang melainkan sesuai dgn kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yg diusahakannya & ia mendapat siksa (dari kejahatan) yg dikerjakannya. QS Al Baqarah: 286. [HR. Tirmidzi No.2916].

Hadits Tirmidzi No.2916 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2917

Ini adl teguran Allah kepada seorang hamba atas demam & musibah yg menimpanya, hingga barang (sebagian harta) yg diletakkan dipangkal lengan bajunya lalu hilang, hingga ia sangat sedih karenanya, sampai seorang hamba benar-benar keluar dari dosa-dosanya seperti biji logam merah keluar dari ubupan. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih gharib dari hadits 'Aisyah, kami hanya mengetahuinya dari hadits Hammad bin Salamah. [HR. Tirmidzi No.2917].

Hadits Tirmidzi No.2917 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2918

Ucapkan: Kami mendengar & kami taat. Lalu Allah menyematkan keimanan di hati mereka. Setelah itu Allah Tabaaraka wa Ta'ala menurunkan ayat: [HR. Tirmidzi No.2918].

Hadits Tirmidzi No.2918 Secara Lengkap

[[[]]]