Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Pendapat yang Mengatakan Pemilik Telaga dan Bejana Lebih Berhak untuk Mendapatkan Air Yag Ada di Dalamnya

Hadits Bukhari 2193

Wahai anak kecil, apakah kamu mengidzinkan aku untuk memberi minuman ini kepada para orang tua?
Anak kecil itu berkata:
Aku tak akan mendahulukan seorangpun daripadaku selain anda wahai Rasulullah. Maka Beliau memberikan kepadanya. [HR. Bukhari No.2193].

Hadits Bukhari No.2193 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Bukhari 2194

Demi Dzat yg jiwaku berada dalam genggamanNya, sungguh akan banyak laki-laki yg ditolak dari telagaku sebagaimana dihalaunya unta asing dari telaga (pemilik unta) [HR. Bukhari No.2194].

Hadits Bukhari No.2194 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Bukhari 2195

Allah merahmati Ummu Isma'il (Siti Hajar) karena kalau dia membiarkan air zamzam atau Beliau bersabda:
kalau dia tak membendung air zamzam, tentulah air itu akan menjadi air yg mengalir. Kemudian datang para musafir kepadanya & berkata:
Apakah kamu mengidzinkan kami singgah di tempat kamu?
Siti Hajar berkata:
Ya boleh namun kalian tak berhak memilikii air ini. Mereka menjawab: Baik. [HR. Bukhari No.2195].

Hadits Bukhari No.2195 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Bukhari 2196

Ada tiga jenis orang yg Allah Ta'ala tak akan berbicara dgn mereka & tak akan melihat mereka pada hari qiyamat, yaitu seorang penjual yg bersumpah terhadap dagangannya & dia mengaku telah memberi lebih kepada si pembeli dibandingkan yg ia berikan kepada manusia lainnya, padahal dia berdusta, & seorang yg bersumpah dgn sumpah palsu setelah 'Ashar yg dgn sumpahnya itu dia berambisi untuk mengambil harta orang muslim, & seseorang yg menolak membagi-bagikan kelebihan air sehingga Allah akan berfirman pada hari kiamat: Aku tak akan beri karuniaKu kepadamu karena kamu telah menghalangi sesutau yg bukan buah hasil kerja kamu. 'Ali berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyan berulang kali dari 'Amru yg dia mendengar Abu Shalih yg katanya dia dapat dari Nabi . [HR. Bukhari No.2196].

Hadits Bukhari No.2196 Secara Lengkap

[[[]]]