Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Warisan Nenek

Hadits Tirmidzi 2026

telah memberinya seperenam. Abu Bakar betanya, Siapakah yg mendengarnya bersamamu?
Mughirah menjawab, Muhammad bin Maslamah. Qabishah berkata; Lalu Abu Bakar memberinya seperenam. Kemudian datang nenek yg lain (ibunya bapak) kepada Umar -Sufyan berkata; Ma'mar menambahkannya dari Zuhri, namun aku tak hafal yg dari Zuhri akan tetapi aku menghafalnya dari Ma'mar; Sesungguhnya Umar berkata, Jika kalian berdua berkumpul (yaitu keduanya hidup) maka seperenam itu untuk kalian berdua & siapa saja diantara kalian yg tersisa (sendiri) maka seperenam itu menjadi miliknya. [HR. Tirmidzi No.2026].

Hadits Tirmidzi No.2026 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 2027

Seorang nenek mendatangi Abu Bakar guna bertanya mengenai bagiannya dalam harta warisan. Lalu Abu Bakar pun berkata kepadanya, Bagianmu tak disebutkan di dalam Al Qur`an sedikit pun, & tak pula di dalam sunnah Rasulullah . Karena itu, kembalilah hingga aku menanyakannya kepada orang-orang. Kemudian berkatalah Al Mughirah bin Syu'bah, Aku pernah menghadiri Rasulullah . Ternyata, beliau memberikannya seperenam. Maka Abu Bakar bertanya, Apakah ada orang lain selainmu yg turut menyaksikannya?
Kemudian berdirilah Muhammad bin Maslamah & mengemukakan sebagaimana apa yg dikatakan Al Mughirah bin Syu'bah, sehingga Abu Bakar pun segera menunaikannya. Kemudian seorang nenek lain mendatangi Umar bin Al Khaththab guna menanyakan bagiannya dari harta warisan, lalu Umar pun berkata, Tidak ada sedikit pun bagianmu disebutkan di dalam Al Qur`an. Namun bagianmu adl yg seperenam itu. Jika kamu berdua dalam bagian yg seperenam itu, maka yg seperenam itu dibagi di antara kalian berdua. Akan tetapi, jika salah seorang di antara kalian telah tiada, maka seperenam itu menjadi miliknya. Abu Isa berkata; Hadits semakna juga diriwayatkan dari Buraidah. Namun, yg ini yg lebih hasan & lebih shahih daripada haditsnya Ibnu 'Uyainah. [HR. Tirmidzi No.2027].

Hadits Tirmidzi No.2027 Secara Lengkap

[[[]]]