Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Jika Kau Tunaikan Zakat, Telah Kau Lakukan Kewajiban

Hadits Tirmidzi 561

Jika kamu sudah mengeluarkan zakat hartamu, maka kamu telah menunaikan kewajiban. Abu 'Isa berkata, ini adl hadits hasan gharib. Hadits ini telah diriwayatkan dari Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam melalui banyak jalur, semuanya menyebutkan lafazh zakat. Seorang lelaki bertanya, wahari Rasulullah apakah selain zakat, saya wajib mengeluarkan?
Maka beliau menjawab: Tidak, kecuali jika kamu melaksanakan tathawwu (amalan sunnah). Nama Ibnu Hujairah ialah Abdurrahman bin Hujairah Al Mishri. [HR. Tirmidzi No.561].

Hadits Tirmidzi No.561 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 562

utusanmu mengklaim bahwa kamu mengaku sebagai utusan Allah?
Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam menjawab, Iya. dia berkata, Demi Dzat yg telah mengangkat langit, mendatarkan bumi & menancapkan gunung-gunung, benarkah Allah telah mengutusmu?
Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam menjawab: Iya. dia berkata, utusanmu juga mengklaim bahwa tuan mengatakan wajib atas kami mengerjakan lima kali shalat sehari semalam?
Beliau menjawab, dia berkata benar. dia berkata, Demi Dzat yg telah mengutusmu, benarkah Allah telah memerintahkan ini?
Beliau menjawab, Iya. Dia berkata, utusanmu juga mengklaim bahwa tuan mengatakan wajib atas kami berpuasa satu bulan penuh dalam setahun?
Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam bersabda:
Dia berkata benar. dia berkata, Demi Dzat yg telah mengutusmu, benarkah Allah telah memerintahkan ini?
Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam menjawab: Iya. dia berkata, utusanmu juga mengklaim bahwa tuan mengatakan, kami wajib mengeluarkan zakat dari harta-harta kami?
Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam menjawab: Dia berkata benar. dia berkata, Demi Dzat yg telah mengutusmu, benarkah Allah telah memerintahkan ini?
Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam menjawab: Iya. dia berkata, utusanmu juga mengklaim bahwa tuan mengatakan, wajib bagi siapa yg mampu untuk berhaji ke baitullah, Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam bersabda:
Dia berkata benar. Dia berkata, Demi Dzat yg telah mengutusmu benarkah Allah telah memerintahkan ini?
Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam menjawab: Iya. lantas dia berkata, Demi Dzat yg mengutusmu dgn kebenaran, sungguh saya tak akan meninggalkan satupun darinya & tak akan saya tambah dgn yg lain, kemudian beranjak & pergi. Lalu Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam bersabda:
Jika seorang baduai tersebut melakukannya maka dia akan masuk surga. Abu 'Isa berkata, melalui jalur ini hadits ini adl hasan gharib, hadits ini juga diriwayatkan melalui sanad lain yaitu dari Anas bin Malik dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam, saya telah mendengar Muhammad bin Ismail berkata, sebagian Ahlul ilmi berkata, hukum yg dapat diambil dari hadits ini ialah, boleh menuntut ilmu dgn Qira'ah kepada seorang syaikh sebagaimana juga bolehnya Sama' (menyimak dari lafazh dari syaikh), karena orang baduwi juga membacanya dihadapan Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam lalu beliau membenarkannya. [HR. Tirmidzi No.562].

Hadits Tirmidzi No.562 Secara Lengkap

[[[]]]