Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Keutamaan Keridhaan Kedua Orangtua

Hadits Tirmidzi 1821

Ridha Allah terdapat pada ridha seorang bapak, & murka Allah juga terdapat pada murkanya seorang bapak. Bercerita kepada Kami Muhammad bin Basysyar, berkata:
Bercerita kepada kami Muhammad bin Ja'far dari Syu'bah dari Ya'la bin Atha' dari bapaknya dari Abdullah bin Amr seperti hadits diatas namun tak memarfu'kannya & riwayat ini lebih shohih. Berkata Abu Isa: Demikian shahabat-shahabat Syu'bah meriwayatkan dari Syu'bah dari Ya'la bin Atha' dari bapaknya dari Abdullah bin Amr secara mauquf & kami tak mengetahui seorangpun yg memarfu'kannya selain Khalid bin Harits dari Syu'bah & Khalid bin Harits seorang yg tsiqah & dipercaya. Dia berkata:
aku mendengar Muhammad bin Al Mutsanna berkata:
Aku tak melihat seorang pun di Bashrah seperti Khalid bin Harits & tak juga di Kufah seperti Abdullah bin Idris. Hadits semakna diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud. [HR. Tirmidzi No.1821].

Hadits Tirmidzi No.1821 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1822

Orang tua adl pintu surga yg paling tengah. Jika kamu mampu, letakkanlah pintu tersebut atau jagalah. Ibnu Abu Umar berkata; Sepertinya Sufyan menyebutkan; Sesungguhnya ibuku. Dan sepertinya juga ia menyebutkan; Sesungguhnya bapakku. Dan ini adl hadits shahih. Dan Abu Abdurrahman As Sulami, namanya adl Abdullah bin Habib. [HR. Tirmidzi No.1822].

Hadits Tirmidzi No.1822 Secara Lengkap

[[[]]]