Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Yang Disunnnahkan untuk Berbuka

Hadits Tirmidzi 630

Barang siapa yg mendapatkan kurma, maka berbukalah dengannya, jika tak mendapatinya maka berbukalah dgn air, karena sesungguhnya air itu suci. (perawi) berkata, dalam bab ini (ada juga riwayat -pent) dari Salman bin 'Amir. Abu 'Isa berkata, kami tak mengetahui seorang pun yg meriwayatkan hadits Anas dari Syu'bah seperti hadits ini, kecuali Sa'id bin 'Amir. Namun hadits itu tak mahfuzh & tak memiliki sumber utama dari hadits 'Abdul 'Aziz bin Shuhaib dari Anas. Para sahabat Syu'bah telah meriwayatkan hadits ini dari Syu'bah dari 'Ashim Al Ahwal dari Hafshah binti Sirin dari Ar Rabbab dari Salman bin 'Amir dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam. Riwayat ini lebih shahih dari riwayatnya Sa'id bin 'Amir. Demikianlah mereka meriwayatkannya dari Syu'bah dari 'Ashim dari Hafshah binti Sirin dari Salman, tetapi didalamnya tak disebut Syu'bah dari Rabbab. Yang shahih ialah hadits yg diriwayatkan Sufyan Ats Tsauri & Ibnu 'Uyainah & selain keduanya dari 'Ashim Al Ahwal dari Hafshah binti Sirin dari Ar Rabbab dari Salman bin 'Amir & Ibnu 'Aun berkata, dari 'Ummu Ar Ra'ih binti Shulai' dari Salman bin 'Amir. Sedangkan Ar Rabbab adl Ummu Ar Ra'ih. [HR. Tirmidzi No.630].

Hadits Tirmidzi No.630 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 631

Jika salah seorang dari kalian berbuka, maka berbukalah dgn kurma. Ibnu 'Uyainah menambahkan: Karena sesungguhnya ia berbarakah, jika tak ada (kurma), maka berbukalah dgn minum air, karena sesungguhnya ia thahur (suci lagi mensucikan). Abu 'Isa berkata, ini merupakan hadits hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.631].

Hadits Tirmidzi No.631 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 632

berbuka dgn kurma basah sebelum shalat, jika beliau tak mendapatinya, maka (beliau berbuka) dgn kurma kering & jika tak mendapatkan kurma kering, beliau berbuka dgn meneguk air tiga kali. Abu 'Isa berkata, ini merupakan hadits hasan gharib. Abu 'Isa berkata lagi, diriwayatkan juga bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam berbuka pada musim dingin dgn kurma & pada musim panas dgn air. [HR. Tirmidzi No.632].

Hadits Tirmidzi No.632 Secara Lengkap

[[[]]]