Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Bukti Dilakukan yang Menuntut, yang Dituntut Bersumpah

Hadits Tirmidzi 1260

Apakah engkau memiliki bukti?
Ia menjawab; Tidak. Beliau mengatakan lagi: Engkau harus bersumpah. Ia menjawab; Wahai Rasulullah, orang ini berlaku curang tak peduli apa yg telah disumpahkan atasnya serta ia tak sedikit pun menghindar dari dosa. Beliau bersabda:
Tidak ada hak bagimu darinya kecuali ini. Ia melanjutkan; Lalu orang itu pergi untuk menyumpahinya. Ketika orang itu berpaling, Rasulullah bersabda:
Jika ia bersumpah terhadap hartamu untuk ia makan dgn cara zhalim, niscaya Allah akan menjumpainya dalam keadaan berpaling darinya. Ia mengatakan; Dalam hal ini ada hadits serupa dari Umar, Ibnu Abbas, Abdullah bin Amr & Al Asy'ats bin Qais. Abu Isa berkata; Hadits Wa`il bin Ali bin Hujr adl hadits hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.1260].

Hadits Tirmidzi No.1260 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1261

Menghadirkan bukti itu wajib atas orang tertuduh & mengucapkan sumpah wajib atas orang yg menuntut. Hadits ini terdapat cela di dalam sanadnya & Muhammad bin Ubaidullah didha'ifkan dalam periwayatan hadits dari sisi hafalannya. Ibnu Al Mubarak & yg lainnya mendha'ifkannya. [HR. Tirmidzi No.1261].

Hadits Tirmidzi No.1261 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1262

menetapkan sumpah atas orang yg menuntut. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih & menjadi pedoman amal menurut para ulama dari kalangan Nabi & selain mereka, bahwa menghadirkan bukti itu wajib atas orang tertuduh & mengucapkan sumpah wajib atas orang yg menuntut. [HR. Tirmidzi No.1262].

Hadits Tirmidzi No.1262 Secara Lengkap

[[[]]]