Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Sumpah Disertai Saksi

Hadits Tirmidzi 1263

Rasulullah menetapkan sumpah harus disertai satu orang saksi. Rabi'ah berkata; Dan telah mengabarkan kepadaku anak Sa'd bin Ubadah ia berkata; Kami mendapatkan juga dalam buku milik Sa'd bin Ubadah bahwa Nabi menetapkan sumpah harus disertai seorang saksi. Ia mengatakan; Dalam hal ini ada hadits serupa dari Ali, Jabir, Ibnu Abbas & Surraq. Abu Isa berkata; Hadits Abu Hurairah adl hadits hasan gharib. [HR. Tirmidzi No.1263].

Hadits Tirmidzi No.1263 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1264

menetapkan sumpah harus disertai satu orang saksi. [HR. Tirmidzi No.1264].

Hadits Tirmidzi No.1264 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1265

menetapkan sumpah harus disertai satu orang saksi. Ia melanjutkan; Dan Ali telah melakukannya di antara kalian. Abu Isa berkata; Ini lebih shahih, demikianlah Sufyan Ats Tsauri meriwayatkan dari Ja'far bin Muhammad dari ayahnya dari Nabi secara mursal. Dan Abdul Aziz bin Abu Salamah & Yahya bin Sulaim meriwayatkan hadits ini dari Ja'far bin Muhammad dari ayahnya dari Ali dari Nabi . Hadits ini menjadi pedoman amal menurut para ulama dari kalangan sahabat Nabi & selain mereka, mereka berpendapat bahwa sumpah dgn menyertai satu orang saksi adl boleh dalam menuntut hak & harta sementara sebagian ulama dari penduduk Kufah & selain mereka tak berpendapat bahwa sumpah ditetapkan beserta satu orang saksi. [HR. Tirmidzi No.1265].

Hadits Tirmidzi No.1265 Secara Lengkap

[[[]]]