Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Orang yang Wafat dan Meninggalkan Hutang Puasa

Hadits Bukhari 1816

Barangsiapa meninggal dunia & memiliki hutang puasa maka walinya (boleh) berpuasa untuknya. Hadits ini dikuatkan pula oleh Ibnu Wahab dari 'Amru. Dan Yahya bin Ayyub meriwayatkannya dari Ibnu Abu Ja'far. [HR. Bukhari No.1816].

Hadits Bukhari No.1816 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Bukhari 1817

Ya, Beliau melanjutkan: Maka hutang kepada Allah lebih pantas untuk dibayar. Sulaiman berkata,, Al- Hakam & Salamah berkata; Ketika kami sedang duduk bersama, Muslim menceritakan tentang hadits ini, keduanya berkata; Kami mendengar Mujahid menyebutkan masalah ini dari Ibnu 'Abbas Radhiyallahu'anhuma & disebutkannya dari Abu Khalid telah menceritakan kepada kami Al A'masy dari Al Hakam & Muslim Al Bathin & Salamah bin Kuhail dari Sa'id bin Jubair & 'Atho' & Mujahid dari Ibnu 'Abbas Radhiyallahu'anhuma; Ada seorang wanita berkata, kepada Nabi : Sesungguhnya saudara perempuanku telah meninggal dunia. Dan Yahya & Abu Mu'awiyah berkata, telah menceritakan kepada kami Al A'masy dari Muslim dari Sa'id bin Jubair dari Ibnu 'Abbas Radhiyallahu'anhuma; #BELUM SELESAI# 'Ubaidullah dari Zaid bin Abi Unaisah dari Al Hakam dari Sa'id bin Jubair dari Ibnu Abbas #BELUM SELESAI# Ada seorang wanita berkata, kepada Nabi : Sesungguhnya ibuku telah meningal dunia & dia mempunyai kewajiban (hutang) puasa nadzar. Dan Abu Hariz berkata, telah menceritakan kepada kami 'Ikrimah dari Ibnu 'Abbas Radhiyallahu'anhuma: Ada seorang wanita berkata kepada Nabi bahwa ibunya telah meninggal dunia & memiliki hutang puasa selama lima belas hari. [HR. Bukhari No.1817].

Hadits Bukhari No.1817 Secara Lengkap

[[[]]]

Shaum