Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Penjelasan Tentang Kelompok Jahmiyah

Hadits Abudaud 4098

siapa saja yg mengalami hal semacam itu, hendaklah ia mengatakan 'aku beriman kepada Allah'. [HR. Abudaud No.4098].

Hadits Abudaud No.4098 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Abudaud 4099

ucapkanlah, (Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, Allah adl Tuhan yg bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tak beranak & tak pula diperanakkan, & tak ada seorang pun yg setara dgn Dia.) ' Setelah itu hendaklah ia meludah ke arah kiri sebanyak tiga kali, & memohon perlindungan kepada Allah dari setan. [HR. Abudaud No.4099].

Hadits Abudaud No.4099 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Abudaud 4100

Kalian menyebut apa ini?
para sahabat menjawab, Awan. Beliau bersabda:
Dan Al Muzn?
mereka menjawab, Ya, (kami juga menyebutnya) Al Muzn. Beliau bersabda:
Dan Al 'Anan?
mereka menjawab, Ya, & Al 'Anan. -Abu Dawud berkata, Aku tak menghafal lafadz Al 'Anan dgn baik- Beliau lalu bertanya: Apakah kalian tahu berapa jarak antara langit & bumi?
mereka menjawab, Kami tak tahu. Beliau bersabda:
Sesungguhnya jarak antara keduanya adl bisa tujuh puluh satu, atau tujuh puluh dua, atau tujuh puluh tiga tahun perjalanan -perawi masih ragu-. kemudian langit yg di atasnya juga seperti itu. Hingga beliau menyebutkan tujuh langit. Kemudian setelah langit ketujuh terdapat lautan, jarak antara bawah & atasnya seperti jarak antara langit dgn langit (yang lain). Kemudian di atasnya terdapat delapan malaikat yg jarak antara telapak kaki dgn lututnya sejauh langit dgn langit yg lainnya. Dan di atas mereka terdapat Arsy, yg antara bagian bawah dgn atasnya sejauh antara langit satu dgn langit yg lainnya. Dan Allah Tabaraka Wa Ta'ala ada di atasnya. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Abu Suraij berkata, telah mengabarkan kepada kami 'Abdurrahman bin Abdullah bin Sa'd & Muhammad bin Sa'id keduanya berkata; telah mengabarkan kepada kami Amru bin Abu Qais dari Simak dgn sanad & makna yg sama. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hafsh ia berkata; telah menceritakan kepadaku Bapakku berkata, telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Thahman dari Simak dgn sanad yg sama & makna hadits ini yg panjang. [HR. Abudaud No.4100].

Hadits Abudaud No.4100 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Abudaud 4101

Sesungguhnya Allah tak boleh dijadikan sebagai perantara atas seorang pun dari hamba-Nya, Allah lebih agung dari untuk sekedar dijadikan sebagai wasilah tersebut. Celaka kamu! Tidak tahukah kamu bagaimana Allah itu?
Sungguh, Arsy-Nya ada di atas semua langit-Nya seperti ini -lalu isyarat tangannya beliau mengatakan, 'Seperti Kubah, & Arsy itu berteriak & menyeru kepada Allah seperti tunggangan berteriak kepada pengendara karena berat-. Ibnu Basysyar menyebutkan dalam haditsnya, Sesungguhnya Allah berada di atas Arsy, & Arsy-Nya ada di atas semua langit-Nya…lalu hadits tersebut disebutkan seluruhnya. Abdul A'la, Ibnul Mutsanna & Ibnu Basysyar menyebutkan dari Ya'qub bin Utbah. Dan Jubair bin Muhammad bin Jubair dari bapaknya, dari kakeknya. Dan hadits ini diriwayatkan dgn sanad Ahmad bin Sa'id, & inilah yg lebih shahih. hal ini telah disepakati oleh sekelompok ulama, seperti Yahya bin Ma'in & Ali Ibnul Madini. Sekelompok ulama juga meriwayatkannya dari Ibnu Ishaq, ini menurut keterangan Ahmad. Dan menurut kabar yg sampai kepadaku bahwa riwayat Abdul A'la, Ibnul Mutsanna & Ibnu Basysyar dari buku yg sama. [HR. Abudaud No.4101].

Hadits Abudaud No.4101 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Abudaud 4102

Aku telah diberi izin untuk menceritakan tentang sesosok malaikat dari malaikat Allah yg bertugas membawa Arsy. Sesungguhnya, jarak antara ujung telinga dgn bahunya adl perjalanan tujuh ratus tahun. [HR. Abudaud No.4102].

Hadits Abudaud No.4102 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Abudaud 4103

Aku melihat Rasulullah meletakkan ibu jarinya ke telinga, sementara jari setelahnya pada mata. Abu Hurairah melanjutkan, Aku melihat Rasulullah membaca ayat tersebut seraya meletakkan kedua jarinya tersebut. Ibnu Yunus berkata, Al Muqri menyebutkan bahwa makna ayat: (Sesungguhnya Allah Maha Mendengar & Maha Melihat) adalah, bahwa Allah memiliki penglihatan & pendengaran. Abu Dawud berkata, Ini adl bantahan untuk orang-orang Jahmiyah. [HR. Abudaud No.4103].

Hadits Abudaud No.4103 Secara Lengkap

[[[]]]