Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Zakat Perhiasan

Hadits Tirmidzi 575

Wahai para wanita bersedekahlah walaupun dgn perhiasan kalian, karena sesungguhnya kebanyakan penghuni neraka Jahannam terdiri dari para wanita. Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Ghailan telah menceritakan kepada kami Abu Daud dari Syu'bah dari A'masy dia berkata, saya mendengar Abu Wa`il meriwayatkan sebuah hadits dari Amru bin Al Harits anak saudaranya Zainab dari Zainab istri Abdullah bin Mas'ud dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam seperti hadits diatas. Abu 'Isa berkata, riwayat ini lebih shahih dari hadits Abu Mu'awiyah, karena teradapat wahm (keraguan) pada hadits Abu Mu'awiyah, dia meriwayatkan dari Amru bin Harits dari anak saudaranya Zainab, namun yg benar ialah dari Amru bin Harits anak saudaranya Zainab. Hadits ini telah diriwayatkan dari Amru bin Syu'aib dari ayahnya dari kakeknya dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam sesungguhnya dia berpendapat wajibnya zakat perhiasan, namun pada sanad hadits ini terdapat cela. Para ulama berbeda pendapat, sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam & tabi'in seperti Sufyan Ats Tsauri berpendapat wajibnya zakat perhiasan yg terbuat dari emas & perak, & sebagian sahabat Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam seperti Ibnu Umar, Aisyah, Jabir bin Abdillah & Malik bin Anas serta sebagian fuqaha seperti Malik bin Anas, Syafi'i, Ahmad & Ishaq berpendapat tak wajibnya zakat perhiasan. [HR. Tirmidzi No.575].

Hadits Tirmidzi No.575 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 576

Apakah kalian sudah membayar zakatnya?
Mereka menjawab, belum. Maka Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa salam bersabda kepada keduanya: Apakah kalian berdua suka kelak Allah memakaikan pada kalian dua kalung dari api neraka?
Mereka berdua langsung menjawab, tidak. Beliau bersabda:
Maka tunaikanlah zakatnyai. Abu 'Isa berkata, hadits ini telah diriwayatkan oleh Al Mutsanna bin Shabbah dari Amru bin Syu'aib, padahal Al Mutsanna bin Shabbah & Ibnu Lahi'ah, keduanya didla'ifkan dalam periwayatan hadits serta tak ada satu haditspun yg berbicara tentang hal ini yg derajatnya shahih. [HR. Tirmidzi No.576].

Hadits Tirmidzi No.576 Secara Lengkap

[[[]]]