Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Keutamaan Orang yang Ribath

Hadits Tirmidzi 1587

Ribath satu hari di jalan Allah lebih baik dari dunia seisinya. Dan tempat cambuk salah seorang dari kalian di surga lebih baik dari dunia seisinya. Dan keluarnya seorang hamba di jalan Allah pada waktu pagi atau sore hari adl lebih baik dari dunia & seisinya. Hadits ini derajatnya hasan shahih.
[HR. Tirmidzi No.1587].

Hadits Tirmidzi No.1587 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1588

Ribath satu hari di jalan Allah lebih utama, & barangkali ia menyebutkan, lebih baik dari puasa & shalat selama sebulan. Dan barangsiapa meninggal saat ribath, maka ia akan terjaga dari fitnah kubur & amalnya akan terus berkembang hingga datangnya hari kiamat. Abu Isa berkata, hadits ini derajatnya hasan. [HR. Tirmidzi No.1588].

Hadits Tirmidzi No.1588 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1589

Barangsiapa berjumpa dgn Allah sementara pada dirinya tak ada bekas-bekas jihad di jalan Allah, maka ia berjumpa Allah dalam keadaan kurang sempurna (sumbing). Abu Isa berkata, Hadits ini derajatnya hasan gharib, yaitu dari hadits Al Walid bin Muslim, dari Isma'il bin Rafi'. Sebagian ulama` telah mendha'ifkan Isma'il bin rafi'. Ia berkata, Aku mendengar Muhammad berkata, Ia orang tsiqah & muqaribul hadits. Telah diriwayatkan pula dari Abu Hurairah dari Nabi dgn jalur lain. Hadits Salman sanadnya tak bersambung, sebab Muhammad Ibnul Munkadir belum pernah berjumpa dgn Salman Al Farisi. Hadits ini juga telah diriwayatkan dari Ayyub bin Musa, dari Makhul, dari Syurahbil bin As Simth, dari Salman, dari Nabi seperti hadits tersebut. [HR. Tirmidzi No.1589].

Hadits Tirmidzi No.1589 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1590

Ribath (berjaga-jaga di perbatasan) satu hari di jalan Allah lebih baik dari seribu hari di tempat lain. Abu Isa berkata, Hadits ini derajatnya hasan shahih gharib. Muhammad bin Isma'il berkata, Abu Shalih -mantan budak (yang telah dimerdekakan oleh) Utsman- nama aslinya adl Turkan. [HR. Tirmidzi No.1590].

Hadits Tirmidzi No.1590 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1591

Seorang mujahid tak merasakan sakitnya mati kecuali sebagaimana salah seorang dari kalian merasakan sakitnya digigit semut. Abu Isa berkata, Hadits ini derajatnya hasan shahih gharib. [HR. Tirmidzi No.1591].

Hadits Tirmidzi No.1591 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1592

Tidak ada sesuatu yg dicintai oleh Allah kecuali dua tetas air & dua bekas; tetesan air mata karena takut kepada Allah & tetesan darah yg tertumpah di jalan Allah. Adapun dua bekas itu adalah; bekas karena di jalan Allah & bekas karena melaksanakan kewajiban Allah. Ia berkata, Hadits derajatnya hasan gharib. [HR. Tirmidzi No.1592].

Hadits Tirmidzi No.1592 Secara Lengkap

[[[]]]