Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Keutamaan Isteri Nabi Shollallahu Alaihi Wa Salam Shallallahualaihiwasallam

Hadits Tirmidzi 3826

Apabila kalian melihat tanda-tanda kebesaran Allah, maka sujudlah! Dan tanda kebesaran Allah yg mana yg lebih besar dari pada wafatnya salah seorang dari istri Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. Abu Isa berkata; Hadits ini adl hadits hasan gharib, kami tak mengetahuinya kecuali dari jalur ini. [HR. Tirmidzi No.3826].

Hadits Tirmidzi No.3826 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 3827

Tidakkah kamu mengatakan; Bagaimana kamu berdua bisa lebih baik dariku, padahal suamiku adl Muhammad, ayahku (dari keturunan) Harun sedangkan pamanku (dari keturunan) Musa. Sedangkan berita yg sampai kepadanya adl mereka mengatakan; Kami lebih mulia di sisi Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam daripada dia (Shafiyah binti Huyay). mereka juga mengatakan; Kami adl para isteri Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam & anak paman beliau. & dalam bab ini, ada juga riwayat dari Anas. Abu Isa berkata; Hadits ini adl hadits gharib, kami tak mengetahuinya dari hadits Shafiyah kecuali dari haditsnya Hasyim Al Kufi, & isnadnya pun lemah. [HR. Tirmidzi No.3827].

Hadits Tirmidzi No.3827 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 3828

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengabariku bahwa beliau akan meninggal dunia, maka saya menangis, kemudian beliau memberitahukanku bahwa di samping Maryam binti Imran, aku juga termasuk dari wanita penghulu surga, maka saya pun tersenyum kerenanya. Abu Isa berkata; Dari jalur ini, hadits ini adl hadits hasan gharib. [HR. Tirmidzi No.3828].

Hadits Tirmidzi No.3828 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 3829

Sesungguhnya kamu adl puteri seorang Nabi, & sesungguhnya pamanku juga seorang Nabi, & sesungguhnya kamu juga di bawah asuhan seorang Nabi, maka kenapa kamu tak bangga dgn hal itu!. Kemudian beliau bersabda:
Bertakwalah kamu wahai Hafshah. Abu Isa berkata; Hadits ini adl hadits hasan shahih gharib dari jalur ini. [HR. Tirmidzi No.3829].

Hadits Tirmidzi No.3829 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 3830

Sebaik-baik kalian adl yg paling baik terhadap isterinya, & saya adl orang yg paling baik terhadap isteriku, apabila salah seorang dari sahabatku meninggal, maka biarkanlah (jangan mengungkit-untkit kejelekannya). Abu Isa berkata; Hadits ini adl hadits hasan gharib shahih dari hadits Ats Tsauri, & sangat sedikit perawi yg meriwayatkan dari Ats Tsauri, & di diriwayatkan pula dari Hisyam bin 'Urwah dari ayahnya dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam secara mursal. [HR. Tirmidzi No.3830].

Hadits Tirmidzi No.3830 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 3831

Janganlah seseorang melaporkan kepadaku sesuatu yg tidak-tidak tentang salah seorang sahabatku, karena aku ingin menjumpai mereka dgn hati yg lapang. Abdullah berkata; (suatu ketika) Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam di beri harta, lalu beliau membagi-bagikannya (kepada orang-orang), hingga sampailah aku kepada dua orang yg sedang duduk-duduk, kekduanya berkata; Demi Allah, dalam pembagiannya Muhammad tak mengharapkan wajah Allah & tak pula mengharap (pahala) negeri Akhirat, setelah mendengar penuturan dari keduanya, lalu aku bersegra menemui Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam & memberitahukan kepada beliau. maka wajah beliau berubah memerah sambil bersabda:
Birkanlah, sungguh Musa pernah di sakiti lebih dari ini, namun dia tetap bersabar. Abu Isa berkata; Dari jalur ini, hadits ini adl hadits gharib, karena dalam isnadnya ada tambahan seorang laki-laki. [HR. Tirmidzi No.3831].

Hadits Tirmidzi No.3831 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 3832

Janganlah sampai kepadaku salah seorang dari sahabatku mendengar sesuatu (yang tak baik) dari sebagian yg lain. Dan Hadits ini juga di riwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam sesuatu dari hal ini dari beberapa jalur. [HR. Tirmidzi No.3832].

Hadits Tirmidzi No.3832 Secara Lengkap

[[[]]]