Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Waktu-waktu yang Diharapkan Saat Jumat

Hadits Tirmidzi 451

Carilah oleh kalian waktu-waktu yg mustajab pada hari Jum'at setelah 'Ashar sampai tenggelamnya matahari. Abu Isa berkata, dari jalur ini hadits ini gharib, hadits ini juga telah diriwayatkan dari Anas dari Nabi Shallahu 'alaihi wa sallam bukan dari jalur ini, adapun Muhammad bin Abu Rafi' telah dilemahkan, sebagian ahli ilmu telah melemahkannya dari sisi hafalannya, dia dinamakan juga Hammad bin Abu Humaid & dinamakan juga Abu Ibrahim Al Anshari yg haditsnya mungkar, sebagian ahli ilmu dari kalangan sahabat Nabi Shallahu 'alaihi wa sallam & yg lainnya berpendapat bahwa waktu yg mustajab pada hari Jum'at adl setelah 'Ashar sampai matahari terbit, ini adl pendapat Ahmad & Ishaq, Ahmad berkata, kebanyakan hadits-hadits tentang waktu yg diharapkan do'a terkabul pada hari Jum'at adl setelah shalat 'Ashar, & setelah matahari tergelincir. [HR. Tirmidzi No.451].

Hadits Tirmidzi No.451 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 452

Sesungguhnya pada hari Jum'at ada waktu yg tidaklah seorang hamba memohon sesuatu kepada Allah pada hari itu kecuali Allah pasti akan mengabulkannya. Para sahabat bertanya, wahai Rasulullah jam berapakah itu?
Beliau menjawab: Sejak ditegakkannya shalat Jum'at sampai selesai. (perawi) berkata, dalam bab ini (ada juga riwayat -pent) dari Abu Musa, Abu Dzar, Salman, Abdullah bin Salam, Abu Lubabah, Sa'ad bin 'Ubadah & Abu Umamah. Abu Isa berkata, hadits Amru bin 'Auf adl hadits hasan gharib. [HR. Tirmidzi No.452].

Hadits Tirmidzi No.452 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 453

Sebaik-baik hari setelah terbitnya matahari adl hari Jum'at, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan kedalam Surga, pada hari itu juga dia dikeluarkan dari surga, & tidaklah seorang muslim yg shalat & memohon sesuatu kepada Allah bertepatan pada waktu itu, melainkan Allah akan mengijabahinya. Abu Hurairah berkata, kemudian saya menemui Abdullah bin Salam seraya menyebutkan hadits ini kepadanya, maka dia (Abdullah bin Salam ) berkata, saya tahu waktu itu, lalu saya berkata kepadanya, kabarilah kepadaku waktu tersebut & janganlah [HR. Tirmidzi No.453].

Hadits Tirmidzi No.453 Secara Lengkap

[[[]]]