Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Pedagang dan Komentar Nabi Shollallahu Alaihi Wa Salam

Hadits Tirmidzi 1129

Wahai para pedagang, Sesungguhnya setan & dosa itu datang ketika transaksi jual beli, maka gabungkanlah jual beli kalian dgn sedekah. Ia mengatakan; Dalam hal ini ada hadits serupa dari Ak Bara` bin 'Azib & Rifa'ah. Abu Isa berkata; Hadits Qais bin Abu Gharazah adl hadits hasan shahih.
Manshur, Al A'masy, Habib bin Abu Tsabit & yg lainnya telah meriwayatkannya dari Abu Wa`il dari Qais bin Abu Gharazah & kami tak mengetahui hadits Qais dari Nabi selain hadits ini. Telah menceritakan kepada kami Hannad telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah dari Al A'masy dari Syaqiq bin Salamah, Syaqiq adl Abu Wa`il, dari Qais bin Abu Gharazah dari Nabi seperti itu dgn maknanya. Abu Isa berkata; Hadits ini shahih. [HR. Tirmidzi No.1129].

Hadits Tirmidzi No.1129 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1130

Seorang pedagang yg jujur & dipercaya akan bersama dgn para Nabi, shiddiqun & para syuhada`. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan, kami tak mengetahuinya kecuali dari jalur ini yaitu dari hadits Ats Tsauri dari Abu Hamzah, Abu Hamzah bernama Abdullah bin Jabir ia seorang syaikh dari Bashrah. Telah menceritakan kepada kami Suwaid bin Nash telah mengabarkan kepada kami Abdullah bin Mubarak dari Sufyan Ats Tsauri dari Abu Hamzah dgn sanad ini seperti itu. [HR. Tirmidzi No.1130].

Hadits Tirmidzi No.1130 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 1131

Wahai para pedagang. Lalu mereka menyambut seruan Rasulullah & mengangkat leher & pandangan mereka kepada beliau, lalu beliau bersabda:
Sesungguhnya para pedagang akan dibangkitkan pada hari kiamat sebagai orang-orang yg berdosa kecuali yg bertakwa kepada Allah, berbuat baik serta jujur. Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.
Isma'il bin Ubaid bin Rifa'ah dipanggil juga dgn Isma'il bin Ubaidullah bin Rifa'ah. [HR. Tirmidzi No.1131].

Hadits Tirmidzi No.1131 Secara Lengkap

[[[]]]