Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Keutamaan Syam dan Yaman

Hadits Tirmidzi 3888

Ya Allah, berkahilah kami di negeri Syam kami, Ya Allah, berkahilah kami di negeri Yaman kami. Mereka (para sahabat) berkata; Dan di daerah Najd kami?
beliau bersabda:
Ya Allah, berkahilah kami di negeri Syam kami, & berkahilah kami di negeri Yaman kami. Mereka (para sahabat) berkata; Dan di daerah Najd kami?
beliau bersabda:
Di sana akan terjadi gempa bumi & fitnah-fitnah (kan muncul). Atau beliau bersabda:
Darinya akan muncul tanduk Syetan. Abu Isa berkata; Hadits ini adl hadits hasan shahih, gharib dari jalur ini yaitu dari hadits Ibnu 'Aun. Dan hadits ini juga telah di riwayatkan pula dari Salim bin Abdullah bin Umar dari ayahnya dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. [HR. Tirmidzi No.3888].

Hadits Tirmidzi No.3888 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 3889

Beruntunglah begi penduduk Syam. Lalu kami bertanya; Kenapa bisa seperti itu wahai Rasulullah?
beliau bersabda:
Sesungguhnya Malaikat dzat Yang Maha Pengasih (Allah) telah membentangkan sayapnya di atas negeri Syam. Abu Isa berkata; Hadits ini adl hadits hasan gharib, kami hanya mengetahui dari hadits Yahya bin Ayyub. [HR. Tirmidzi No.3889].

Hadits Tirmidzi No.3889 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 3890

Hendaklah mereka segera berhenti dari membangga-banggakan nenek moyang mereka yg telah mati, -hanyasanya nenek moyang mereka adl arang neraka Jahannam- atau mereka lebih hina di sisi Allah dari seseorang yg menyurung kotoran dgn hidungnya, sesungguhnya Allah telah menghapus dari kalian seruan Jahiliyyah & berbangga-bangga dgn nenek moyang, (yang ada) hanyalah mukmin yg bertakwa atau pendosa yg celaka, semua manusia adl anak Adam, sedangkan Adam tercipta dari tanah. Dan dalam bab ini, ada juga riwayat dari Ibnu Umar & Ibnu Abbas. Abu Isa berkata; Hadits ini adl hadits hasan gharib. [HR. Tirmidzi No.3890].

Hadits Tirmidzi No.3890 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Tirmidzi 3891

Sesungguhnya Allah telah menghilangkan dari diri kalian seruan-seruan Jahiliyah & berbangga-bangga dgn nenek moyang, (yang ada hanyalah) seorang mukmin yg bertakwa atau seorang fajir (pendosa) yg celaka, semua manusia adl anak Adam, & Adam tercipta dari tanah. Abu Isa berkata; Hadits ini adl hadits hasan, & menurut kami, hadits ini lebih shahih daripada hadits yg pertama, sebab Sa'id Al Maqburi telah mendengar dari Abu Hurairah, & dia juga meriwayatkan dari ayahnya beberapa riwayat dari Abu Hurairah Radliyallahu 'anhu. Hadits ini juga di riwayatkan oleh Sufyan Ats Tsauri & yg lainnya dari Hisyam bin Sa'd dari Sa'id Al Maqburi dari Abu Hurairah dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam seperti hadits riwayat Abu 'Amir dari Hisyam bin Sa'd. [HR. Tirmidzi No.3891].

Hadits Tirmidzi No.3891 Secara Lengkap

[[[]]]