Thaharah, Shalat, Zakat, Barang Temuan, Manasik, Nikah, Talak, Puasa, Jihad, Sembelihan, Buruan, Wasiat, Waris, Pajak, Kepemimpinan, Peradilan, Pengobatan, Huruf dan Bacaan, Pemandian Umum, Pakaian, Merapikan rambut, Cincin

Hadits Zir Bin Hubaisy Dari Ubay Bin Kab Radliyallahu Taala Anhu

Hadits Ahmad 20244

bahwa Malaikat Jibril telah membacakan kepada beliau: 'QUL A'UUDZU BIRABBIL FALAQ (Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan yg menguasai subuh) ' (Qs. Al Falaq: 1). Maka aku pun membacanya, kemudian Jibril membaca: 'QUL A'UUDZU BIRABBIN NAAS (Katakanlah: Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara & menguasai) manusia) ' (Qs. An Naas: 1), maka aku pun membacanya. Dan kami membaca apa yg telah dibaca oleh Nabi . Telah menceritakan kepada kami Affan dia berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Awanah dari Ashim dari Zir dari Ubay dari Nabi dgn hadits yg semakna. [HR. Ahmad No.20244].

Hadits Ahmad No.20244 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20245

Kami telah menanyakannya pada Rasulullah , beliau lalu membacakannya, maka aku pun mengikutinya. [HR. Ahmad No.20245].

Hadits Ahmad No.20245 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20246

melihat Rasulullah memohon perlindungan untuk Hasan & Husian dgn surat tersebut, & tak pernah mendengar Rasulullah membacanya saat shalat. Sehingga ia beranggapan bahwa itu hanya untuk perlindungan, & keyakinan itu tetap ia pegang, sementara yg lain menetapkan bahwa keduanya adl bagian dari Al-Qur'an. [HR. Ahmad No.20246].

Hadits Ahmad No.20246 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20247

yaitu malam yg Rasulullah telah ceritakan kepada kami, malam ke dua puluh tujuh dalam bulan Ramadan. Dan tanda-tandanya adl bahwa pada pagi hari dari malam tersebut matahari akan bersinar tanpa ada panas teriknya. Maka Salamah bin Kuhail menyangka bahwa Zir telah mengabarkan kepadanya, bahwa dia selalu mengamati selama tiga tahun dari awal Ramadan hingga akhir ramadan, bahwa pada pagi hari di hari yg kedua puluh tujuh, matahari bersinar terang tanpa terik panas. [HR. Ahmad No.20247].

Hadits Ahmad No.20247 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20248

Malam lailatul qadar adl malam ke dua puluh tujuh dalam bulan Ramadan, Rasulullah telah mengabarkan kepada kami bahwa di antara tanda-tandanya adl terbitnya matahari dgn sinar berwarna putih bersih. Telah menceritakannya kepada kami Utsman bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Ibnu Idris dgn sanadnya dari Nabi , seperti hadits tersebut. Namun ia menambahkan, Matahari terbit tanpa terik panas. [HR. Ahmad No.20248].

Hadits Ahmad No.20248 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20249

padahal ia tahu bahwa itu terjadi di bulan Ramadan, pada malam kedua puluh tujuh. Ubay lalu bersumpah, maka akupun bertanya, Bagaimana kalian bisa mengetahuinya?
Ia menjawab, Dengan tanda-tanda yg telag dikabarkan kepada kami, bahwa di antara tandanya adalah, bahwa pada hari itu matahari akan terbit tanpa terik panas. [HR. Ahmad No.20249].

Hadits Ahmad No.20249 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20250

Sesungguhnya matahari akan terbit di pagi itu seakan ia baskom, ia bersinat tanpa cahaya & terik panas. [HR. Ahmad No.20250].

Hadits Ahmad No.20250 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20251

malam itu adl malam kedua puluh tujuh. Hanya saja Syu'bah merasa pada kalimat 'yaitu malam yg Rasulullah menyuruh kami'. Ia (syu'bah) Berkata; temanku menceritakan hadits tersebut kepadaku darinya (Ubay). [HR. Ahmad No.20251].

Hadits Ahmad No.20251 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20252

malam ke dua puluh tujuh, yaitu malam yg dikecualikan dgn tanda-tanda sebagaimana Rasulullah telah menceritakan kepada kami. Maka kami menghitung bahwa malam itu adl apa yg telah dikecualikan. [HR. Ahmad No.20252].

Hadits Ahmad No.20252 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20253

pada pagi dari malam lailatul qadar matahari akan terbit tanpa cahaya yg terik hingga ia meninggi. Dan ini adl lafadz hadits dari Al Muqaddami. Telah menceritakan kepada kami Affan telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid telah menceritakan kepada kami Ashim dari Zir ia berkata, Aku bertanya pada Ubay bin Ka'b, Wahai Abu Mundzir, kabarkan kepadaku tentang lailatul qadar…lalu ia sebutkan hadits tersebut. Zir berkata, Aku lalu bertanya, Wahai Abu Mundzir, dari mana engkau tahu?
Ubay menjawab, Dengan tanda-tanda yg telah Rasulullah kabarkan kepada kami. [HR. Ahmad No.20253].

Hadits Ahmad No.20253 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20254

lailatul qadar terjadi pada bulan Ramadan di sepuluh hari terakhir, di tujuh hari terakhir; didahului tiga malam & diakhiri tiga malam, berita dari orang yg tak mendustaiku (Ubay), berita dari orang yg tak mendustainya (Rasulullah). Zir melanjutkan, Aku bertanya kepada Abu Yusuf -yaitu Ubay bin Ka'b- dari Nabi , ia menjawab; Demikian yg ada padaku. [HR. Ahmad No.20254].

Hadits Ahmad No.20254 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20255

Demi Allah yg telah menurunkan Al Qur`an pada Muhammad, Lailatul qadar itu terjadi di bulan Ramadan, yaitu di malam ke dua puluh tujuh. Aku (Ashim) bertanya, 'Wahai Abu mundzir, dari mana kamu tahu itu?
Ia menjawab, Rasulullah Muhammad telah memberitakannya pada kami, kami hitung & kami hafal itu. Demi Allah, sungguh ia ada di malam-malam ganjil. Aku bertanya, Apa tanda-tandanya?
Dia menjawab, Ia terjadi ketika matahari terbit tanpa ada benang sinarnya. Maka di malam sahurnya itu Ashim tak makan, hingga ia selesai shalat subuh, ia naik di tempat yg tinggi & memperhatikan matahari di kala terbitnya tanpa menyisakan benang sinarnya hingga memutih & merangkak menaiki langit (siang). [HR. Ahmad No.20255].

Hadits Ahmad No.20255 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20256

Barangsiapa mengiringi Jenazah hingga di shalatkan & selesai dari pemakamannya, maka ia akan mendapatkan pahala dua Qirath. Dan barangsiapa mengiringi Jenazah hingga dishalatkan maka baginya pahala satu Qirath, demi Dzat yg jiwa Muhammad berada di tangannya (satu qirath) itu adl lebih berat timbangannya ketimbang gunung uhud. [HR. Ahmad No.20256].

Hadits Ahmad No.20256 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20257

Sesungguhnya Allah Tabaaraka Wa Ta'ala menyuruhku untuk membacakan Al-Qur'an kepadamu. Ubay berkata, Lalu Rasulullah membaca: 'LAM YAKUNILLADZIINA KAFARUU MIN AHLIL KITAB (Orang-orang kafir yakni ahli kitab..) ' (Qs. Al Bayyinah: 1). Lalu beliau membacakannya di dalamnya: Sekiranya anak Adam meminta harta sebanyak satu lembah kemudian ia diberi niscaya ia akan meminta lembah yg kedua, jika ia diberi (yang kedua) niscaya ia akan meminta lembah yg ketiga. Dan tak ada yg bisa memenuhi perut anak Adam kecuali tanah. Dan Allah akan menerima taubat bagi orang yg bertaubat. Dan itulah agama yg lurus di sisi Allah, bukan kemusyrikan, Yahudi atau Kristen, barangsiapa berbuat kebaikan maka sekali-kali tiada akan dipungkiri. [HR. Ahmad No.20257].

Hadits Ahmad No.20257 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20258

Sesungguhnya Allah Tabaaraka Wa Ta'ala menyuruhku untuk membacakan Al-Qur'an kepadamu. Ubay berkata, Beliau lalu membacakan kepadaku: 'LAM YAKUNILLADZINA KAFARUU MIN AHLIL KITAB WAL MUSYRIKIINA MUNFAKKIINA HATTAA TA`TIYAHUMUL BAYYINAH RASUULUM MINAALLAHI YATLUU SHUHUFAN MUTHAHHARAH FIIHAA KUTUBUN QAYYIMAH WAMAA TAFARRAQALLADZIINA `UUTUL KITAABA ILLA MIN BA'DI MAA JAA`AHUMUL BAYYINAH (Orang-orang kafir yakni ahli kitab & orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yg nyata), (yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yg membacakan lembaran-lembaran yg disucikan (Al Qur'an), di dalamnya terdapat (isi) kitab-kitab yg lurus. Dan tidaklah berpecah belah orang-orang yg didatangkan Al Kitab (kepada mereka) melainkan sesudah datang kepada mereka bukti yg nyata) ' (Qs. Al Bayyinah: 1-4). Beliau bersabda:
Sungguh agama yg ada di sisi Allah adl (agama yang) lurus, bukan kemusyrikan, Yahudi maupun Nashrani. Barangsiapa berbuat kebaikan maka sekali-kali tiada akan dipungkiri. Syu'bah berkata, Lalu beliau membacakan ayat-ayat setelahnya, kemudian mengucapkan: Sekiranya anak Adam memiliki harta sebanyak dua lembah, niscaya ia akan meminta lembah yg ketiga. Dan tak ada yg bisa memenuhi perut anak Adam kecuali tanah. Ubay berkata, Kemudian beliau menutupnya dgn mambaca sisa ayat. [HR. Ahmad No.20258].

Hadits Ahmad No.20258 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20259

Sungguh aku diutus pada umat yg buta aksara, di antara mereka ada orang tua yg suka bermaksiat, ada orang jompo yg manula & ada juga anak-anak. Jibril berkata, Suruhlah mereka membaca Al-Qur'an dgn tujuh dialek. Telah menceritakan kepada kami Abu Sa'id maula bani Hasyim telah menceritakan kepada kami Za`idah telah menceritakan kepada kami Ashim dari Zir dari Ubay. (dalam jalur lain disebutkan) Abu Sa'id berkata; Hammad bin Salamah berkata dari Hudzaifah ia berkata, Jibril menemui Rasulullah di Ahjar Al Mira` (nama tempat) …lalu ia sebutkan hadits tersebut. [HR. Ahmad No.20259].

Hadits Ahmad No.20259 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20260

Sungguh aku telah membacanya bersama Rasulullah seperti surat Al Baqarah atau lebih banyak darinya, & di dalamnya terdapat surat tentang hukum rajam. [HR. Ahmad No.20260].

Hadits Ahmad No.20260 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20261

Sungguh aku melihat bahwa ia sebanding dgn surat Al Baqarah, & di dalamnya kami membaca (ayat): 'Orang yg sudah tua baik laki-laki atau pun perempuan jika berzina maka rajamlah keduanya sebagai pelajaran dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Bijaksana'. [HR. Ahmad No.20261].

Hadits Ahmad No.20261 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20262

Hanyasannya dihalalkan bagi Rasulullah beberapa orang wanita. [HR. Ahmad No.20262].

Hadits Ahmad No.20262 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20263

Dengan tanda-tanda yg dikabarkan oleh Rasulullah , hal itu lalu kami hitung & kami hafalkan. Di antara tandanya adl terbitnya matahari pada pagi harinya seperti baskom, tak bersinar panas hingga ia naik sepenggalan. [HR. Ahmad No.20263].

Hadits Ahmad No.20263 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20264

Lailatul Qadar terjadi pada tanggal dua puluh tujuh. [HR. Ahmad No.20264].

Hadits Ahmad No.20264 Secara Lengkap

[[[]]]

Hadits Ahmad 20265

Lailatul qadar terjadi pada tanggal dua puluh tujuh di tiga hari yg tersisa. Dan dia tak memarfu'kannya. [HR. Ahmad No.20265].

Hadits Ahmad No.20265 Secara Lengkap

[[[]]]

Musnad Sahabat Anshar